Dengan Prokes Ketat Disdikbud Palas Gelar Ajang Kreasi Siswa Seni dan Budaya

HARIAN9 author photo


 PALAS| H9
Dalam rangka pelestarian dan pengelolaan keragaman budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menghelat Pagelaran  Seni dan Kebudayaan, Kamis (29/07/2021).

Pagelaran yang mengusung tema " Lawan Covid-19 Dengan Terus Berkreasi Dan Berkarya Yang Berkarakter  Budaya " digelar di Gor Sibuhuan Palas, Depan Kantor Disdikbud Palas  diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Tidak ada penonton dari luar dalam kegiatan seni dan budaya tersebut. Pengunjung dibatasi hanya kru peserta dan tekhnisi acara serta beberapa
wartawan dan fotografer serta videografer Pemkab.

Pagelaran seni yang diisi dari perwakilan siswa-siswi SD dan SMP, SMA dan Grup seni yang mengisi acara tersebut juga perwakilan  dari, SDN, SMP Negeri, SMA Negeri dan gruop musik Tradisional Palas.

Di ajang unjuk kebolehan itu, para pelajar menampilkan musik dan berbagai tari tradisi.

Sementara kelompok music tradisional Palas "Haba Haba Group Mardomu Bulung", Pinpinan Hasan Basri Harahap membawakan lagu daerah.

Acara tersbut, menurut kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Hj.Rosidawati Pulungan S.Pd melalui Kabid Kebudayaan Hj.Nurazijah Nasution S.Pd, M.Pd kepada Wartawan usai pelaksanaan Pagelaran Seni Budaya di GOR Sibuhuan, mengatakan Pendidikan seni dan budaya maupun seni kreatif akan menumbuhkembangkan bakat yang ada pada diri generasi muda, tumbuhnya komunitas atau kelompok seni dan budaya daerah memberi nilai positif bagi daerah yang bersangkutan. Karena komunitas seni dan budaya tersebut berdiri berlandaskan pengembangan dan mempertahankan seni budaya daerah. Sehingga menjadikan generasi muda mampu bersosialisasi positif di lingkungannya maupun di luar lingkungan.

Selain itu Nurazijah menambahkan, Pagelaran seni budaya ini mengambil Thema : ” Lawan Covid 19, dengan terus berkreasi dan berkarya yang berkarakter budaya “, untuk itu kegiatan pagelaran ini juga mampu memberikan wadah kepada seniman serta mempromosikan seni budaya lokal khususnya Kabupaten Palas kepada masyarakat luas.

Disamping untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi antar seniman, lanjut Nurazijah, juga mampu mengembangkan kreativitas seni budaya yang dimiliki peserta agar berkembang dengan baik, serta melestarikan dan menjaga peninggalan seni budaya para leluhur kita ”, ujar Kabid Kebudayaan Disdikbud Palas tersebut.

Sementara dikesempatan sama, Ketua Badan Pemangku Adat Kabupaten Palas, Sutan Parlingungan Hasibuan, didampingi Pengurus Raja Sahnan Hasibuan mengatakan, mengucapkan terimakasih kepada pemkab palas, melalui Disdikbud Palas, atas terlaksananya pagelaran seni dan budaya ini, tidak hanya pengunjung atau penonton yang wajib menjalankan protocol kesehatan (Prokes).

Peserta juga harus menggunakan masker, menjaga jarak, bahkan ada yang menggunakan Face Shield. “Memang prokes diperketat, oleh panitia” ujarnya.

Salah satu Tujuan diadakan acara tersebut, lanjut , juga untuk memberi ruang kreasi
kepada pelajar agar bakat seninya tersalurkan. Ditambahkan, meski siswa belajar secara daring di rumah dan terhitung dalam tatap muka, namun berkesenian dan kegiatan lain janganlah berhenti.

“Itu harapan kami. Dan Panitia pun tidak memaksa,” pungkasnya.

Terlihat Hadir dalam Pagelaran tersebut, Wakil Bupati (Wabup) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, beserta Ibu, Asisten I Pemerintahan H.Panguhum Nasution MAP, Staf Ahli Drs. Irwan H.Hasibuan, Kadis Dikbud Hj.Rosidawati Pulungan S.Pd, Ketua BPA Palas Sutan Parlindungan Hasibuan, para Pimpinan OPD, Ketua PGRI Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST dan peserta Pagelaran Seni Budaya tersebut. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini