NBT


Jadi lumbung Padi dan bawang Merah di Sumut, Pemkab Sergai Rencanakan Hal ini

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Hingga kini, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dikenal sebagai penghasil padi terbesar di Sumatera Utara (Sumut), bawang merah juga berpotensi sama seperti padi bila dikembangkan secara serius. 

"Kabupaten Sergai memiliki potensi yang besar untuk menjadi lumbung padi, bawang merah hingga cabai di Sumatera Utara," ujar Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan saat melikat lokasi pembibitan milik PT Benih Inti Prima (BIP) di Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (8/7/2021).

Dikatakannya, Sergai memiliki potensi yang besar untuk jadi lumbung bawang merah. Tinggal bagaimana potensi ini bisa dikembangkan hingga menghasilkan varietas terbaik yang berujung ke peningkatan ekonomi masyarakat.

"Untuk menggali ini, bersama Kadis Pertanian siang tadi kami melihat lokasi pembibitan padi, cabai dan bawang merah milik PT Benih Inti Prima (BIP) di Desa Pantai Cermin Kanan. Bibit padi yang diproduksi milik PT BIP ini sangat bagus dan bersertifikat," ujarnya. 

Pada kesempatan itu,  PT East West Seed, perusahaan Pioneer bawang merah biji yang tengah memberikan pelatihan di lokasi tersebut juga ikut memberikan masukan ke Wakil Bupati Adlin Tambunan.

"Setelah diskusi panjang, ternyata banyak sekali keuntungan dari budidaya bawang merah dari biji ini. Mulai dari  penyimpanan benih yang lebih lama dibandingkan umbi, hingga biaya produksi yang lebih rendah," katanya.

Ardiansyah, Manager Representatif PT East West Seed menyampaikan, penggunaan benih bawang merah bisa maksimal karena dalam satu hektar hanya membutuhkan 5 kg dengan biaya sekitar Rp10 juta sampai Rp11 juta, sementara pakai umbi bisa sampai Rp17 juta.

"Jelas ini sangat membantu warga, biaya produksi sedikit tapi hasilnya lebih menguntungkan. Nanti tinggal diberi pelatihan dalam perawatannya saja ke masyarakat, tinggal dibuat dulu kelompok mana yang mau disasar," ujarnya. 

Adlin menambahkan, Pemkab akan menindaklanjuti hal ini. "Kalau ini digunakan petani di Sergai pasti bisa menguntungkan. Rumusan terkait bagaimana nanti benih ini sampai ke petani di Sergai  akan dibicarakan lagi dengan Dinas Pertanian. Intinya, masa pandemi ini pihaknya terus melakukan terobosan dalam hal pemulihan ekonomi, khususnya melalui sektor pertanian,"ungkapnya.

Selain itu, Adlin yakin dengan penggunaan bibit yang unggul serta penerapan teknologi yang baik akan membuat Sergai swasembada pangan khususnya beras.

"Petani dan masyarakat bisa ikut serta meningkatkan produksi padi, jagung,bawang dan cabai. Tentunya bibit yang digunakan harus yang berkualitas. Kita harap kita bisa bekerjasama dengan PT BIP dan memberikan kontribusi ke pertanian kita,"tandasnya.

Sementara itu Direktur PT Benih Inti Prima, Elainor Sembiring mengatakan selama ini Kabupaten Deli Serdang masih menjadi penyumbang komoditi pangan di Sumatera Utara.

"Ke depan Sergai akan bisa menjadi nomor satu dengan penerapan pola tanam dan penggunaan tekhnologi yang tepat,"ungkapnya sembari menyampaikan pihaknya siap mendukung niatan baik Pemkab Sergai.(WPU06) 

Komentar Anda

Berita Terkini