NBT


Kapolres Tapanuli Selatan Pimpin Rakor Percepatan Vaksinasi Massal Covid -19 Dosis II

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL|H9
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj,  SH,SIK,MH, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka percepatan vaksinasi massal Covid'19 dosis II di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, bertempat di aula Pratidina Mapolres Tapanuli Selatan, Sabtu (24/7/2021).

Rakor dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution, MM, Kaban Kesbangpol Kabupaten Tapanuli Selatan Handy S. Pulungan, Waka Polres Tapanuli Selatan Kompol Rahman Takdir Harahap, SH, Kadis Kesehatan Tapanuli Selatan dr. Sri Khairunnisah, Kadis Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (PPKB) Tapanuli Selatan Ahmad Ibrahim Lubis, S,Sos, Plh. Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan AKP
Sofyan Helmi Nasution, SH, serta Pejabat Utama Polres Tapanuli Selatan.

Selama pelaksanaan kegiatan Rakor, berlangsung dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M) guna mencegah penyebaran Covid'19.

ÀDalam sambutannya, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj,  SH,SIK,MH, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta Rakor yang hadir dalam rangka membahas percepatan vaksinasi massal Covid-19 tahap II yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juli 2021.

" Untuk pengawalan vaksin sebanyak 3.180 dosis yang sekarang masih dalam perjalanan menuju Tapsel, perlu dilakukan secara optimal yang selanjutnya pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan di Kecamatan Batang Angkola, Batangtoru, Sipirok dan Saipar Dolok Hole, yang lokadinya masih kita monitoring, " ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres, pemetaan terhadap 2013 orang yang akan mengikuti vaksinasi dosis II di Kabupaten Tapsel khususnya di wilayah Kecamatan
Batang Angkola harus benar-benar sesuai dengan data yang ada.

" Perlu dilakukannya komunikasi dengan Camat dan Kepala Desa dan Lurah terkait mobilisasi massa mulai dari angkutan dan waktu penjemputan massa yang tepat waktu dalam pelaksanaan vaksinasi serta teknik dalam mengantisipasi penumpukan massa pada saat pendaftaran, " ucapnya.

Sekdakab Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nadition, MM menyampaikan, mulai hari ini sudah berlangsung kegiatan penyemprotan disinfektan di setiap Desa guna mencegah penyebaran Covid-19 dan terkait program Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel, saat ini masih dilkakukan koordinasikan dengan Dinas Sosial Tapsel.

" Mari saling bekerjasama bahu-membahu pada pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 dosis II pada hari Selasa mendatang, semoga bisa berjalan aman dan lancar, " ucap Sekda.

Kadis Kesehatan Tapanuli Selatan 
dr. Sri Khairunnisah melaporkan, dengan kondisi vaksin sendiri yang masih berada di perjalanan dan rencananya akan dibawa oleh Polri akan tetapi untuk jumlahnya sendiri belum bisa kita pastikan.

" Untuk pelaksanaan vaksinasi massal Covid'19 dosis II ini sendiri sudah mulai dilaksanakan kemarin di Kecamatan Saipar Dolok Hole, sementara di Kecamatan Batang Angkola, Sipirok dan Batangtoru masih menunggu, " lanjut Kadis Kesehatan.

Kadis Kesehatan menuturkan besok Minggu, 24 Juli 2021 sudah mulai pelaksanaan vaksinasi gotong royong oleh PT. Agincourt Resources (PT.AR), selaku pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, bekerjasama dengan Kimia Farma, dengan membantu jumlah pencapaian kita agar masalah pelaksanaan yang harus di koreksi adalah pengaturan jam datang sehingga tidak menimbulkan penumpukan massa.

Berkaitan dengan teknis pelaksanaan vaksinasi ini sendiri, kata dr. Sri, semua sudah bisa di akses di seluruh Puskesmas sehingga saat pelaksanaan vaksin masyarakat tidak harus menunggu lama untuk di vaksin. 

" Dengan begitu pelaksanaan vaksinasi di PT.AR harus melibatkan Pemkab dalam memonitoring kegiatan tersebut dengan teknis dalam pengaturan mobilisasi massa harus tetap di perhatikan supaya tidak terjadi penumpukan massa, " terang dr. Sri.

Kabag Ren Polres Tapanuli Selatan selaku Perwira Pemantau Wilayah (Pamatwil) Kompol Gamal Lusiawan mengatakan, terkait pelaksanaan vaksinasi perlu dilakukan evaluasi pembagian jam kedatangan massa per Kecamatan guna mengantisipasi penumpukan massa.

" Kemudian dilakukan pelaksanaan apel guna pembagian tugas masing-masing tim pengamanan, bersama dengan vaksinator harus tepat waktu kehadirannya, " tutur Kompol Gamal

Kadis PPKB Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis memaparkan, karena ketakutan masyarakat ketinggalan vaksinasi, sehingga terjadi miskomunikasi antara masyarakat dan petugas vaksinasi.

" Maka solusi dari kami adalah bagaimana kita bisa mengatur ritme kedatangan massa per Kecamatan dengan pembagian waktu 4 jam sehingga tidak terjadi penumpukan massa, " imbuhnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini