NBT


Kelompok KKN 102 UINSU 2021 Bantu Atasi Pandemi di Desa Sei Kamah II

HARIAN9 author photo

 

MEDAN| H9
Mengingat semakin maraknya kasus Covid-19 di Indonesia, membuat seluruh masyarakat merasakan ketidak stabilan dari berbagai sector. Sector ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya menjadi korban dari adanya kasus Covid-19. 

Atas dasar tersebut, kelompok 102  KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun 2021 merencanakan dan telah melaksanakan satu program terkait Covid-19. Kelompok 102 KKN UINSU 2021 yang berlokasi di Desa Sei Kamah II Kec. Sei Dadap Kab. Asahan telah melaksanakan Sosialisasi Pembuatan Handsanitizer secara mandiri, Penyemprotan Desinfektan secara merata keseluruh rumah warga, dan juga gotong royong serentak secara mandiri di rumah masing-masing.

Program ini merupakan program pembuka dari Kelompok 102, selanjutnya akan ada program prioritas yang dijalankan secara berkala termasuk pula follow up dari kegiatan ini adalah nantinya masyrakat akan terus melaksakan pembersihan secara terstruktur setiap hari Jum’at .

Raden haitami abduh sebagai ketua kelompok KKN 102 mengatakan “Harapannya ada dampak besar dari kegaitan kecil yang telah  kita laksanakan pada pagi hari ini. Sadar atau tidak, yang pasti kita sesama warga Desa Sei Kamah II harus saling menjaga demi keselamatan bersama.

Raden juga ingin masyarakat terkhususnya ibu rumah tangga dan para remaja bisa memanfaatkan momen sosialisasi ini.

“Bapak/ibu dan teman-teman semua, kita ingin agar kegiatan ini bisamembantu diri kita masing-masing. Hari ini segala sector telah menjadi korban termasuk dari sektor  ekonomi dan kesehatan. Untuk itu, manfaatkan dengan baik momen kita ini, supaya nantinya para hadirin sekalian bisa secara mandiri untuk membuat Handsanitizer dan juga Desinfektan. Barangkali ini juga bisa membantu meringankan ekonomi keluarga kita. Dengan membuat Handsanitizer dan Desinfektan sendiri, kita tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membeli terus-terusan. Atau mungkin para bapak/ibu dan teman-teman sekalian ingin memanfaatkan ini menjadi ladang pendapatan dengan cara membuat dirumah dan kita jual keluar, sangat bermanfaat kan?,” lanjut Raden

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh bapak-bapak, ibu PKK, Perangkat Desa, Anak sekolah, Remaja Masjid , dan juga Karang Taruna Desa Sei Kamah II Kec. Sei Dadap Kab. Asahan. 

Kepala Desa Sei Kamah II bapak Limin sangat senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kelompok KKN 102 UINSU. Dalam sambutannya, beliau memaparkan bahwa anak-anak muda seperti ini sangat perlu untuk dirangkul dan dikembangkan karena ilmu-ilmu dan karyanya sangatberguna bagi semua orang. 

“Saya sangat senang dengan kedatangan adik-adik KKN 102 dan saya sangat mengapresiasi kegiatan kalian ini. Kemarin setelah membaca rancangan program kerja kalian, saya berpikir kalau seluruh program kalian dijalankan dalam satu  bulan kedepan, ini pasti akan luar biasa,” ucap pak Limin. (Fath9)


Komentar Anda

Berita Terkini