NBT


Kurban Idul Adha 1442 H, Warga Samora Sembelih 14 Sapi dan 1 Kambing

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan Idul Adha 1442-H di Kota Padangsidimpuan berlangsung semarak, yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban di berbagai tempat untuk dibagi-bagikan kepada warga miskin dan kaum duafa.

Demikian juga hal nya yang dilakukan warga masyarakat Lingkungan I Samora. Masyarakat secara bergotong royong  melakukan penyembelihan hewan kurban di lapangan Janji Raja Lingkungan I Samora, Selasa (20/7/2021).
 
Penyembelihan hewan kurban demgan menetapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 ini dihadiri Kepala Lingkungan I Samora Parlindungan Harahap, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Padangsidimpuan H. Martua Raja Harahap dan disaksikan ratusan warga Lingkungan I Samora, dengan mengumandangkan takbir sebagai rasa suka cita bagi warga masyarakat yang melaksanakan kurban.
 
" Untuk tahun ini, masyarakat yang mayoritas berpenduduk muslim ini menyembelih 15 ekor hewan qurban masing-masing 14 ekor lembu dan 1 ekor kambing, untuk dibagi-bagikan kepada seluruh masyarakat khususnya fakir miskin dan kaum duafa di Lingkungan I Samora. Panitia sendiri menyiapkan hampir 800 kupon kurban untuk masyarakat,  “ ujar Ketua Panitia kurban Kusnun Naim Siregar didampingi Sekretaris Panitia AR. Nurdin.

Menurutnya, untuk tahun ini, peserta kurban diikuti sekira 98 orang peserta. Sedangkan jumlah hewan kurban khususya sapi yang disembelih mengalami penurunan dua ekor sapi dibanding dengan tahun lalu. Untuk kambing kurban sama seperti tahun lalu yakni satu ekor.

“ Jumlah hewan kurban maupun peserta yang ikut ber kurban tahun ini mengalami penurunan, ini mungkin berkaitan dengan faktor ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Tapi kita berharap, tahun depan lebih ditingkatkan lagi, “ katanya.
 
Ia menambahkan, dari jumalah kupon daging yang dibagi kepada masyarakat sebanyak hampir 800 kupon, diharapkan seluruh warga Samora khususnya fakir miskin dan kaum duafa kebagian kupon daging dan pembagiannya dan lancar.
 
“ Kami dari panitia, mengharapkan agar amal ibadah kita khususnya yang ikut ber kurban maupun yang belum dapat ikut ber kurban selalu diterima Allah dan rezeki semakin berlimpah dan kira berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu, “ imbuhnya.
 
Sebelumnya, Ketua IPHI Kota Padangsidimpuan H. Martua Raja Harahap, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kelurahan Wek I khususnya di Lingkungan I Samora ini yang telah menyisihkan sebahagian rezekinya untuk ber kurban, sekaligus meningkatkan rasa keimanan selaku ummat Muslim.
 
Ia mengatakan acara ber kurban ini diikuti seluruh warga sebagai bukti tingginya rasa kebersamaan warga masyarakat Kelurahan Wek I dan kegiatan ini juga mendukung program Pemerintah Kota Padangsidimpuan di bidang sosial keagamaan dan kemasyarakatan.
 
“ Pemko Padangsidimpian selalu mengharapkan agar warga Kota Padangsidimpuan khususnya di Kelurahan Wek I tetap bersatu dalam kebersamaan untuk menyongsong pembangunan di Kota Padangsidimpuan, “ terang Martua Raja.
 
Warga masyarakat setempat yang ikut ber kurban, Agus Harahap (52) mengatakan, semangat perayaan kurban 1442 H ini sebagai bukti ummat muslim sangat peduli terhadap sesama. 

Disebutkannya, untuk ber kurban di Hari Raya Idul Adha, ia tiap tahun mengikutinya dan untuk di kampung halaman baru tahun ini karena selama ini tinggal di perantauan di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

“ Daya betharap, dengan hakikat dari ber kurban ini kita mampu meningkatkan taqwa dan rela membantu terhadap sesama ummat manusia, apalagi di masa pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat ikut terdampak dan kegiatan ini bisa membantu kebutuhan makanan bergizi untuk warga, " ucapnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini