Masyarakat Medan Jangan Terkicuh Harga Murah Daging Sapi Dijual Di Pasar

harian9 author photo




MEDAN| H9
Kondisi pandemi saat ini, tidak semua daging sapi yang dijual di pasar Kota Medan dipotong di Perushaan Daerah Rumah Potong Hewah (PD. RPH) Kota Medan. Maka diimbau kepada Masyarakat Kota Medan lebih waspada dan  jangan sampai terkicuh dengan harga daging sapi murah yang dijual dipasar daging karena tidak dipotong dari PD. RPH Kota Medan.  Demikian disampaikan Plt Dirut RPH Kota Medan Mukti Mahyar Tanjung, SE  melalui Sekretaris Isa Anshari SF dalam siaran persnya di Medan Ahad (11/07/2021).   

Dijelaskannya Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD. RPH) Kota Medan  merupakan Badan usaha Milik Pemerintah (BUMD) dan satu-satunya rumah potong hewan yang ada di Medan. Maka salah satu tugas pokok PD. RPH Kota Medan adalah,  dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan pelayanan umum untuk masyarakat kota Medan  di bidang pemotongan hewan, pengadaan dan penyaluran daging Aman, Sehat, Utuh, dan Halal  atau biasa disebut dengan ASUH,  yang sehat dan bermutu.  

Maka   PD RPH Kota Medan memiliki potensi sebagai berikut: 
1. Mempunyai sertifikasi halal LPPOM MUI Sumut yang masih berlaku sampai dengan Agustus tahun 2022.

2. Memiliki dua ruang pemotongan dan antisipasi dampak lingkungan (Amdal) yang memenuhi setandart internasional. 

3.  Proses pemotongan melalui pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong (ante mortem) dan pemeriksaan kesehatan hewan/daging sesudah dipotong (pos mortem)

4. Juru sembelih halal (Juleha) teruji dan bersertifikat MUI Pusat

5. Untuk membuktikan daging itu dipotong dari PD. RPH Kota Medan setiap pedagang dipasar daging dibekali karcis ante mortem dan post morten yang ditanda tangani direktur utama (dirut) PD. RPH Kota Medan sesuai dengan tanggal pembelian setiap harinya.

"Sekali lagi diimbau kepada masyarakat kota Medan jangan sampai terkicuh dengan daging sapi yang dijual  murah dipasar dan tidak dipotong di PD. RPH Kota Medan. Karena tidak dijamin kehalalan dan kesehatannya," ungkapnya (pu.001)   
Komentar Anda

Berita Terkini