NBT


Operasi PPKM dan Razia Swab Antigen, Dua Warga Reaktif Covid-19

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan razia swab antigen Covid-19 yang berlangsung di Jalan Sudirman Simpang IKIP Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, 2 warga yang terjaring dinyatakan reaktif Covid-19, Minggu (25/7/2021) malam.

Operasi PPKM dan swab antigen, dipimpin Walikota Padangsidimpuan diwakili Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdakota) Padangsidimpuan selaku Koordinator razia PPKM dan rapid antigen Rahuddin Harahap,  SH, didampingi Dan Ramil 02 Kota Kapten Inf. B Hutabarat, Kadis Kominfo Salahuddin Nasution, S. Sos, Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH dan sejumlah personil Pemko Padangsidimpuan, TNI dan Polri.

Dalam operasi tersebut 49 orang yang melintas tanpa menggunakan masker dan melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, langsung digiring ke posko Covid-19 untuk dilakukan testing swab antigen Covid-19.

Dari hasil swab, 2 warga dinyatakan reaktif Covid-19 masing-masing warga Jalan SM. Raja Kelurahan Sitamiang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan warga Jalan St. Mhd. Arif Kelurahan Batang Ayumi Jae Kecamatan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. 

Kedua warga tersebut langsung membuat pernyataan apakah dilakukan isolasi khusus Covid-19 yang telah disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan di Komplek Perkantoran Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara atau isolasi mandiri (Isoman) di rumah masing-masing.  

Kedua warga yang reaktif meminta isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing dengan membuat surat pernyataan di Sekretariat Satgas Covid-19 Kota Padangsidimpuan untuk 
melakkukan isolasi mandiri secara Prokes di rumah masing-masing warga.

Kemudian petugas gabungan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pemko Padangsidimpuan mengantar ke dua warga ke keluarga masing-masing dengan tetap menerapkan Prokes dan dilaporkan ke pihak Kelurahan dan Kepala Lingkungan untuk dilakukan tracing.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, diwakili Asisten II Setdakota Padangsidimpuan selaku Koordinator razia PPKM dan swab antigen Rahuddin Harahap, SH, didampingi Dan Ramil 02 Kota Kapten Inf. B Hutabarat, Kadis Kominfo Salahuddin Nasution, S. Sos dan Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH mengharapkan masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes.

Terkait ditemukan dua warga yang reaktif saat operasi PPKM di Simpang IKIP, Satgas Covid-19 langsung mengantar ke dua warga ke rumahnya masing-masing untuk isolasi mandiri.

" Operasi ini akan terus berlanjut sesuai waktu yang telah ditetapkan dan akan diperpanjang juga sesuai dengan surat edaran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, " ujarnya.

Rahuddin mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan Prokes yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas serta yang terpenting tetap berprilaku hidup sehat serta menjalani vaksinasi.

" Covid-19 masih ada. Makanya kita harus tetap waspada dan mematuhi Prokes serta mengikuti vaksinasi sesuai anjuran pemerintah, " terangnya  (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini