OPZ Anggota FOZ Sumut Menghimpun dan Mengelola Wakaf Rp 3,4 Milyar dalam Waktu 2,5 Tahun

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Wakaf merupakan salah satu amal jariyah yang pahala nya terus mengalir meskipun donatur telah meninggal dunia. Karena wakaf memberikan manfaat yang begitu besar bagi umat dan kebermanfaatannya juga begitu terasa di masyarakat. Wakaf juga memberikan kesempatan untuk menambah ladang pahala bagi mereka yang ingin pahalanya mengalir terus dan mendapat ridho Allah swt. 

"Jumlah dan kebermanfaatan wakaf di Sumatera Utara yang berhasil dihimpun dan dikelola dengan baik oleh OPZ anggota FOZ, memberikan kepercayaan yang lebih lagi pada masyarakat untuk menitipkan wakafnya agar dikelola oleh Lembaga Amil Zakat terpercaya dari FOZ, agar programnya lebih produktif," ujar Munawar selaku Ketua FOZ Sumut, Rabu (14/7/2021).

Sehingga masyarakat tidak perlu lagi merasa bingung cara memberikan wakaf terbaik atas dirinya. Dan semoga segala amal baik yang diberikan termasuk wakaf dapat memberikan kebaikan bagi kita semua.

Sekretaris Umum FOZ Sumut M. Iqbal Farizi dalam keterangannya menambahkan, "ZIS yang banyak dikelola oleh OPZ anggota FOZ, beberapa OPZ juga mengelola Wakaf di Sumatera Utara. Meskipun belum semua lembaga Amil Zakat mengelolanya, namun penghimpunan dari wakaf juga tidak sedikit. 

Total dana wakaf yang berhasil terhimpun berdasarkan data dari 10 lembaga dihitung sejak tahun 2019 sampai per 13 Juli 2021 sebesar Rp. 3.496.617.347,-. Dengan rincian pada tahun 2019 berhasil terhimpun Rp. 490.877.396,- lalu tahun 2020 terhimpun Rp. 2.011.848.782,- dan hingga pertengahan tahun 2021 terhimpun Rp. 993.891.169,-.".

"Penghimpunan tersebut terbagi atas beberapa pengelolaan kebutuhan masyarakat mulai dari fasilitas umum seperti tempat ibadah (masjid), sumur bor, layanan ambulance gratis, kendaraan bermotor, rumah bagi Da'i pelosok negeri yang sedang berdakwah di daerah minoritas muslim dan program wakaf lainnya. 

Lembaga yang berhasil mengelola wakaf tersebut diantaranya adalah Dompet Dhuafa Waspada, Rumah Zakat, BSMI, Rumah Yatim Arrahman, YAKESMA, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), DT Peduli, Nurul Hayat Zakat Kita, Global Zakat, dan Yatim Mandiri", tambah Iqbal dalam keterangan persnya. (PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini