NBT


Pelukis Sumut Hadiahi Wagubsu Lukisan Besar

HARIAN9 author photo

MEDAN|H9
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) direncanakan menjadi pusat kegiatan dan pameran berbagai produk dan karya masyarakat, termasuk tempat untuk mengekspresikan diri berupa karya seni. Karenanya kawasan ini, sebagian akan didedikasikan untuk kepentingan para seniman.
 
Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, saat menerima lukisan hasil karya seni Pelukis Cecep Priyono dan kawan-kawan, yang dikerjakan selama tiga hari, 25-27 Juni 2021. Adapun tema lukisan yang dihadiahkan itu berupa lukisan realisme mencerminkan adat budaya atau etnis yang ada di Sumut. Hadiah itu sebagai bentuk apresiasi atas perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) terhadap para seniman.
 
“Dulu sudah kita putuskan bahwa PRSU ini sebagai pusat tempat pameran, pusat jajanan kuliner, tempat orang berjalan agar turis masuk ke sini. Saya juga sampaikan, agar ini dibuat seperti Taman Ismail Marzuki di Jakarta. Jadi pelaku seni itu hadir di sini, mereka bisa mengekspresikan diri, juga ada tempat mereka berkumpul,” ujar Wagub usai menerima lukisan ukuran sekira 100 X 200 cm di Gedung Pameran UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (5/7).
 
Dengan luas areal yang cukup, menurut Wagub, para seniman bisa berekpresi dan mendapat tempat di lokasi PRSU ini. Sebagaimana diputuskan sebelumnya, Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) yang semula ada di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, dipindah ke lokasi ini.
 
Sementara Kurator lukisan, Raden Burhan Surya Nata Diningrat mewakili para pelukis menyampaikan bahwa pembuatan karya seni itu ada di PRSU selama tiga hari. Lukisan ini, katanya, diberikan kepada Wagub dengan harapan agar para pelaku seni rupa mendapat tempat yang lebih baik di mata pemerintah.
 
“Mendapat perhatian yang lebih baik, bagaimana kami bisa mewujudkan karya-karya kami, dan mendapat posisi yang lebih bagus lagi (oleh pemerintah). Terima kasih karena telah memberikan ruang kepada kami, sehingga inilah langkah kami untuk ke depan,” sebut Raden.(pr01)
Komentar Anda

Berita Terkini