Pemkab Tapsel Lakukan Vaksinasi Massal Dosis II Kepada 2000 Lansia dan petugas Pelayanan Publik

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL| H9
Sebanyak 2000 Lanjut Usia (Lansia) dan petugas pelayanan publik se Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan mengikuti vaksinasi massal Covid-19 Dosis ll tahun 2021, di komplek Istana Tunggang Bosar Raja Tuan Tua Patuan Nagaga Najunggal, Selasa (27/7/2021).

Kegitan vaksinasi massal dosis II dipantau langsung Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, Kabag Ren Polres Tapanuli Selatan Kompol Gamal Lusiawan, Kadis PPKB Tapanuli Selatan Ahmad Ibrahim Lubis, Kadis Kesehatan Tapanuli Selatan dr.Sri Khairunnisa, Kapolsek Batang Angkola Iptu Raden Saleh Harahap SH, Danramil Batang Angkola Kapten Inf. Zamriel, Camat Angkola Muara Tais Fadil Harahap S.E ,MM, Camat Batang Angkola Taufik R Lubis S.IP, dengan melibatkan personil pengamanan dari Polres Tapanuli Selatan, Kodim 0212 / TS dan Pemkab Tapanuli Selatan.

Kegiatan vaksinasi Dosis II  ini juga melibatkan para team vaksinator dari Pemkab Tapanuli Selatan yakni dari UPT. Puskesmas Batang Angkola, UPT. Puskesmas Sayur Matinggi, UPT. Puskesmas Tantom Angkola, UPT. Puskesmas Batu Horpak, UPT. Puskesmas Simarpinggan, UPT Puskesmas Pargarutan, UPT Puskesmas Sitinjak, UPT Puskesmas Marancar, UPT Puskesmas Danau Marsabut dan UPT Puskesmas Huta Raja.

Selain itu, selama kegiatan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sesuai anjuran pemerintah, seperti halnyamencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas (5M) guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH mengutarakan, pelaksanaan vaksinasi dosis II ini dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk warga masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju. 

" Kami imbau kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Selain menjalankan Prokes, mematuhi PPKM darurat dengan baik, juga melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal, " terang Kapolres.

Katanya Kapolres, adapun tujuan dari suntikan vaksinasi dosis II itu sendiri adalah untuk mengejar herd imunity dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari paparan Covid-19.

" Orang yang sudah divaksin itu nantinya akan memiliki sistem kekebalan tubuh. Namun jikapun tetap terpapar maka orang yang sudah divaksin bisa dapat lebih cepat sembuh dan hanya mengalami gejala ringan saja, karena tubuh sendiri sebelumnya sudah mengenai virus itu, bebernya.

Sementara Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, mengatakan, dalam vaksinasi massal itu pihaknya menyediakan beberapa tempat layanan vaksinasi di sejumlah Kecamatan, yang nantinya, bagi warga yang ingin mendapatkan suntikan vaksinasi dosis II, cukup hanya menunjukan KTP dan bukti vaksinasi dosis I.

" Ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi dosis I yang disuntikan beberapa waktu lalu dan bagi Lansia maupun petugas pelayanan publik yang  divaksin pun merupakan peserta yang telah mendapatkan vaksin tahap I, dengan interval satu bulan, " kata Parulian.

Pihaknya  menargetkan vaksinasi dosis II sekitar 2000 orang untuk kalangan dan petugas pelayanan publik,  yang melalui tahapan vaksinasi massal Covid-19 mukai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan serta pencatatan dan observasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

" Saya mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Tapsrl untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 guna menuntaskan pandemi Covid-19, sehingga semua aktivitas masyarakat dapat kembali pulih, " ajaknya. (WD.014).
Komentar Anda

Berita Terkini