NBT


Personel Satgas TMMD dan Warga Fokus Pembuatan Jalan Rigid Beton

HARIAN9 author photo

 

BANGUN PURBA| H9
Hampir seluruh sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 yang digelar Kodim 0204/DS, selesai dikerjakan hingga hari ini, Selasa (6/7/2021) tinggal finishing rehab Masjid, dan Musholla serta pembuatan jalan dengan konstruksi rigid beton yang terus dipercepat.

Hal ini diapresiasikan Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan (Kapendam I/BB) Letkol Inf Donald Erickson Silitongga kepada wartawan dari Media Center Makodam I/BB, Selasa (6/7/2021).

Kapendam menyampaikan, kegiatan program TMMD ke- 111 tahun 2021 merupakan bagian operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama instansi terkait dan komponen masyarakat guna membantu program pemerintah kabupaten dalam percepatan dan pemerataan pembangunan.

Dalam pelaksanaanya, TMMD ke- 111 tahun 2021 didukung SKPD/OPD Kabupaten Deliserdang melalui kegiatan fisik dan non fisik sesuai mekanisme Bottom Up Planning dengan mempertimbangkan aspek kesejahteraan dan stabilitas daerah, sehingga manfaat program TMMD dapat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat.

Adapun sasaran fisik pada kegiatan TMMD yang berlangsung di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deliserdang hingga tanggal 6 Juli 2021

Diakui Kapendam bahwa program TMMD dilaksanakan, meski faktor cuaca sering menjadi kendala yang menghambat pengerjaan jalan, namun berkat keuletan para personel Satgas pembuatan badan jalan dengan konstruksi rigid beton sepanjang 2.545 meter dan lebar 4 meter ini, dapat berjalan baik.

Para personel Satgas TMMD pun harus ekstra keras dengan cara membagi tugas untuk bekerja pagi, siang, malam tanpa henti dilaksanakan secara bergantian atau shift.

Termasuk dengan mengerahkan alat berat backhoe dan truk molen ke lokasi pengecoran untuk mengejar tenggat waktu penyelesaian agar sesuai dengan target yang telah direncanakan, sebut Kapendam.

Jadi kendala di lapangan, terutama hujan yang membuat jalan becek, licin dan berlumpur teratasi dimana, para personel Satgas menyiasati dengan mengerahkan backhoe, dengan mengangkat lumpur dari badan jalan yang hendak dicor, puji Kapendam.

Sedangkan Untuk pengerjaan pengecoran rigid beton, personel Satgas TMMD harus berjibaku dengan membagi tim menjadi 3 shift dari Pagi, siang hingga menjelang Subuh hari dan selama seminggu ini hasilnya sudah mencapai panjang 1.750 meter atau 70 persen. 

Begitu juga dengan pengerasan dan pelapisan dengan pasir dan batu untuk badan jalan penghubung Dusun VII dan VIII Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang sepanjang 3.839 meter dengan lebar 4 meter sudah 
tuntas 100 persen, ulasnya.

Kapendam menambahkan bahwa sasaran fisik lainnya seperti rehab Masjid Al Mutaqin 1 unit dusun VII sudah mencapai 99 persen. Saat ini hanya tinggal finishing dan rehab Musholla Al Kahfi di Dusun VIII, pengerjaannya juga sudah mencapai 99 persen. Saat ini personel tinggal melakukan penyemenan teras musholla.

Pembuatan 4 unit jembatan juga sudah tuntas. Kemudian pemasangan 8 unit box culvert dengan berbagai ukuran juga sudah kelar.

Sasaran lainnya yang sudah tuntas dilakukan yakni rehab 6 unit 
rumah tidak layak huni (RTLH). Masing-masing milik Rosmah Dusun II, Saminah Br. Sinaga Dusun III, Jeprida Br. Purba Dusun VII, Mustar Nasution Dusun VIII, Miskun Saragih Dusun VIII dan 
Jaramel Purba Dusun VIII, pungkasnya.

“Sedangkan untuk sasaran non fisik didukung Organisasi Perangkat Desa (OPD) Kabupaten Deliserdang seperti adaya penyuluhan kesehatan, penyuluhan narkoba, pelatihan bela negara, dan juga ada bantuan-bantuan sosial,” ujarnya.

Kegiatan TMMD juga menjadi program prioritas pemerintah daerah dengan melibatkan TNI, Polri dan Instansi terkait beserta elemen masyarakat. Selain itu, kegiatan program ini selalu mengedepankan kepentingan masyarakat. "TNI Manunggal Membangun Desa Bersama Rakyat," Pungkas Kapendam.(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini