NBT


Pertamina EP Rantau Field Wujudkan Komitmen Pelestarian Keanekaragaman Hayati

HARIAN9 author photo


ACEH TAMIANG| H9
Pertamina EP Rantau Field melaksanakan komitmen tanggung jawab sosial masyarakat melalui partisipasi dalam kegiatan pelepasliaran Tukik Tuntong Laut (Batagur borneonsis) di Pantai Wisata Ujung Tamiang, Kampung Pusung Kapal, Kabupaten Aceh Tamiang pada selasa (27/7/2021). Demikian pers rilis yang disampaikan bagian Humas Pertamina, jum'at (30/7/2021). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat Ekowisata Ujung Tamiang di Kampung Pusung Kapal yang telah diinisiasi sejak tahun 2017.

Berdasarkan data yang diperoleh, sepanjang November 2020 sampai dengan Januari 2021, Pokdarwis Pusung Kapal berhasil menyelamatkan 579 butir telur Tuntong Laut dan sebanyak 330 butir telah ditetaskan. Berdasarkan hasil monitoring, hingga Juli 2021 terdapat 329 ekor tukik yang bertahan hidup. Sebelumnya pada Juni 2021, kelompok juga telah melakukan pelepasliaran 100 ekor tukik yang berusia rata-rata 8 bulan, sehingga bisa dipastikan mereka dapat bertahan hidup di alam bebas. Seluruh tukik yang dilepasliarkan ke habitat aslinya telah diberi tanda microchips agar tetap dapat dikenali hingga dewasa.

Dalam kesempatan tersebut, Rantau Field Manager, Totok Parafianto menyatakan,  pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan komitmen  Pertamina Rantau  untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Pusung Kapal,"jelasnya.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Tuntong Laut merupakan hewan langka yang patut kita lestarikan bersama dan saat ini kita melepaskan sebanyak 219 ekor. 
Semoga kami dapat terus bersinergi bersama dengan masyarakat Pusung Kapal, YSLI, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh dan juga pihak lainnya seperti akademisi dan juga praktisi,” ungkap Totok.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pusung Kapal selaku penerima manfaat, Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), Balai Konservasi Sumberdaya Alam Resort Wilayah 6 Langsa, Komandan Pos AL Seruway, Kapolsek Seruway, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Aceh, Pihak Akademisi Universitas Samudera (Unsam) Langsa serta perangkat Kampung Pusung Kapal. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini