Politeknik Kesehatan Medan Gelar Vaksin Tanpa Syarat Domisili

HARIAN9 author photo

 

MEDAN| H9
Politeknik Kesehatan Medan menggelar vaksinasi Covid-19 tanpa syarat domisili di Aula Politeknik Kesehatan Jalan Jamin Ginting Medan, Senin (5/7/2021).

Pantauan wartawan, pelaksanaan vaksinasi dengan target 150 sampai 200 orang itu berjalan dengan baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Direktur Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Medan Dra Ida Nurhayati MKes mengatakan pihaknya merupakan salah satu UPT vertikal.

Dimana salah satu tugas pihaknya melaksanakan program-program yang ada di Kementerian Kesehatan RI, diantaranya adalah pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Jadi ini Politeknik Kesehatan Medan sebagai sentra vaksinasi bagi masyarakat Medan dan sekitar kampus," kata Ida Nurhayati.

Ia mengatakan vaksinasi ini tidak mengikat domisili masyarakat. Artinya, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari daerah manapun bisa dilayani.

"Satu hari kita targetkan sekitar 150 sampai 200 orang. Ketersediaan vaksin di Politeknik Kesehatan Medan untuk 1.000 orang atau 100 vial," sebutnya.

Ia mengatakan vaksinasi anak usia 12-17 tahun belum ada dilaksanakan. Sebab ini, vaksinasi bagi usia 18 tahun ke atas, lanjut usia dan pelayan publik. Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama ini dilaksanakan sampai 13 Juli 2021.

Ia mengaku pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, pihaknya masih menunggu ketersediaan vaksin yang dikirim dari Kementerian Kesehatan 28 hari kedepan setelah vaksinasi dosis pertama selesai dilaksanakan.

"Dosis kedua nanti kita cover di sini jikalau memungkinkan. Kalau tidak, kita kerjasama dengan lintas sektor seperti dinas kesehatan, RSUP H Adam Malik dan KKP Belawan," ujarnya.

Sebelumnya, Ida Nurhayati didampingi Wadir I Politeknik Kesehatan Medan Dr  drg Ngenaria Ginting MKes, Wadir II drg Adriana Siregar MKes, Wadir III Endang Susilawati SKM MKes dan Humas Maltus Manullang AMK memantau pelaksanaan vaksinasi. (WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini