NBT


Satu Unit Rumah Permanen Terbakar di Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kebakaran terjadi di Kota Padangsidimpuan. Kali ini satu unit rumah permanen hangus dilahap si jago merah di Jalan Suprapto Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Jum'at (23/7/2021), sekira pukul 8.30 Wib.

Beruntung kebakaran yang menghanguskan seluruh bagian besar rumah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri dan sebahagian barang berharga diantaranya mobil pribadi berhasil diselamatkan.

Pantauan dilapangan, kobaran api disertai kepulan asap hitam terlihat berada hampir di seluruh bagian rumah permanen itu. Warga yang berada di sekitar lokasi mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya seperti ember dan gayung untuk berusaha memadamkan api.

“ Kejadian itu cepat diketahui warga dan langsung berpacu memadamkan api. Bahkan banyak warga yang datang membantu, menunggu mobil pemadam  kebakaran (Damkar) datang, " ujar Kepling II kelurahan Bincar Ali Akbar Hasibuan.

Di dalam rumah yang terbakar, terlihat sejumlah barang elektronik dan surat-surat berharga yang hangus tak tersisa karena tidak berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Tidak berapa lama, sejumlah petugas Damkar dari Pemko Padangsidimpuan tiba di lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman api guna mencegah terjadinya jilatan api ke rumah warga lainnya. 

Sementara personil kepolisian dari Polres Padangsidimpuan juga terlihat mengawasi evakuasi dan penyemprotan air dari mobil Damkar serta mengatur arus lalu lintas yang sempat menimbulkan kemacetan.
 
Kasat Reskrim polres Padangsidimpuan AKP Bambang Priyanto S.Sos melalui KBO Iptu Kenborn Sinaga mengatakan kebakaran ini hanya menimpa satu unit rumah yang digunakan sebagai Kantor Cabang Yayasan Pendidikan dan Kesehatan Takbir Al-Kamila.

" Tim  Damkar Pemko Padangsidimpuan dibantu warga masyarakat dengan cepat berhasil memadamkan api agar tidak merembes ke rumah warga lainnya, " terang Iptu Kenborn Sinaga.

Menurut dia, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sementara, asal api belum dapat dipastikan dan masih dalam penyelidikan pihaknya, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Terpisah, Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 09.00 Wib. 

Setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung memerintahkan pihak Kelurajan untu melakukan upaya pemadaman  dengan menghubungi Dinas Damkar.

“ Objek yang terbakar adalah satu unit rumah permanen dengan nama pemilik Tahtim Siregar (51). Untuk proses pemadaman sendiri berlangsung sekitar 45 menit dan untung saja api dengan cepat dipadamkan sehingga tidak menyebar ke bangunan rumah warga lain yang berada di sekitar lokasi kebakaran, " ujarnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini