Sijago Merah Menghanguskan 2 Unit Bangunan Semi Permanen Milik Warga Kecamatan Portibi

HARIAN9 author photo

 

PALUTA| H9
Sijago merah menghanguskan 2 unit bangunan semi permanen milik masyarakat di desa Rondaman Dolok tepatnya simpang Bakkudu, kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (08/07) sekitar pukul 02.30 Wib dinihari.

Kebakaran yang diduga diakibatkan oleh terjadinya arus pendek meludeskan 2 unit bangunan semi permanen yakni 1 unit rumah milik Dermisa Harahap (60) dan 1 unit bangunan klinik atau balai pengobatan milik dr Renaldi (45).

Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar kabupaten Paluta Darman Hasibuan SSos, pihaknya mendapat informasi kebakaran sekitar pukul 02.45 Wib.

Katanya, mendapat informasi adanya kebakaran pihaknya langsung menurunkan 4 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Kita menurunkan langsung 4 unit mobil Damkar. Sekitar 45 menit kemudian, personil kita bisa mengendalikan api dengan dibantu personil TNI dan kepolisian bersama warga sekitar,” terangnya.

Tambahnya, selain menghanguskan 2 unit bangunan semi permanen milik warga tersebut, api juga sempat melalap bagian atap bangunan milik pemerintah yakni puskesmas pembantu yang berada tepat disamping bangunan yang terbakar. 

Namun api dapat dikendalikan sehingga bangunan pustu dapat terselamatkan dan hanya mengalami sedikit kerusakan dibagian pinggir atap saja.

“Informasi yang dihimpun dari masyarakat, diduga api berasal dari rumah korban dan menyebar ke bangunan lainnya yang dugaan sementara diakibatkan terjadinya hubungan arus pendek (korsleting),” tambahnya.

Darman juga menyebutkan bahwa tidak ada korban juwa atas kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Terpisah, salah seorang warga sekitar Haholongan Siregar kepada awak media mengatakan bahwa ia mengetahui adanya kebakaran saat mendengar suara warga yang membantu memadamkan api.

Saat ia datang ke lokasi kejadian, warga sudah berbondong-bondong membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menunggu mobil pemadam kebakaran tiba.

“Ketika saya tiba dilokasi, api sudah mulai menjalar ke bangunan klinik itu. Sedangkan di bangunan rumah milik warga terlihat api sudah cukup besar,” katanya.

Angin yang cukup kencang mengakibatkan api cepat menjalar dan menghanguskan bangunan rumah serta klinik milik warga.

Kesigapan serta kerjasama pihak personil Damkar bersama warga sekitar sehingga api dengan cepat dapat dipadamkan dan tidak sempat menjalar ke bangunan atau rumah milik warga disekitar yang cukup dekat dengan sumber api.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini