NBT


Stok Hewan Kurban Capai 1,7 Juta, Pemerintah Jamin Kebutuhan Iduladha Aman

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menjamin pasokan hewan kurban selama periode Iduladha 1443 H aman. Tahun ini dipastikan akan terjadi penambahan suplai sapi sebanyak 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Total stok hewan kurban saat ini mencapai 1,7 juta ekor.

“Saat ini, pasokan hewan kurban terutama sapi sangat mencukupi, terutama untuk kebutuhan Iduladha. Ada penambahan 13 persen sapi dibandingkan bulan sebelumnya. Pemerintah akan selalu berupaya menjaga ketersediaan sapi agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan tenang,” ujar Oke melalui zoom, Jumat (16/7/2021).

Untuk menjamin stok tetap tersedia di pasar, Kemendag melakukan sejumlah pertemuan dengan perusahaan penggemukan sapi untuk mendapatkan informasi kondisi pasokan yang dimiliki masing-masing perusahaan. 

Kemendag juga meminta kepada perusahaan untuk terus mendukung Pemerintah dalam menjaga ketersediaan sapi bakalan agar masyarakat mendapatkan pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau.

Oke menambahkan, jika diperlukan, para pelaku usaha penggemukan sapi akan menambah jumlah sapi yang akan dijual guna mengantisipasi kenaikan permintaan saat periode Iduladha 2021.

“Selain itu, mengingat periode Iduladha merupakan saat yang ditunggu oleh para peternak, maka para peternak selalu menyiapkan pasokan sapi maupun hewan kurban lainnya khusus untuk menghadapi periode ini,” imbuh Oke.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, hewan kurban yang tersedia untuk periode Iduladha 2021 sebanyak 1.767.522 ekor, terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba. Jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini diprediksi mengalami penurunan sekitar 10 persen dibandingkan pemotongan tahun 2020 yang mencapai mencapai 1.683.354 ekor. 

"Memperhatikan hal tersebut, maka masyarakat tidak perlu khawatir adanya kekurangan pasokan sapi pada periode Iduladha 2021,"ujarnya.

“Kami selalu menjaga koordinasi yang baik dengan Kementan, Satgas Pangan, serta berbagai
pihak lainnya dalam memastikan ketersediaan hewan kurban bagi pemenuhan permintaan masyarakat,” tutup Oke.
Komentar Anda

Berita Terkini