Wagub Sumut Dorong Potensi Pertanian di Relokasi Siosar

HARIAN9 author photo
 

KARO | H9
Wakil Gubenur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah bersama Wakil Bupati (Wabup) Karo Theopilus Ginting meninjau Relokasi Siosar Tahap 3 di Kabupaten Karo, Jumat (9/7). Dalam kunjungan tersebut, Wagub mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo ikut aktif mendampingi masyarakat dalam memaksimalkan potensi pertanian.

"Kita harus pikirkan bagaimana alternatif mata pencarian masyarakat yang akan pindah ke mari, yang dulunya kita tahu di kaki Gunung Sinabung sudah ada yang bercocok tanam bertani di sana," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

 
Dijelaskan Ijeck, Pemkab Karo harus aktif mendampingi masyarakat untuk mengembangkan potensi pertanian yang ada di daerah ini. "Dari Pemkab Karo juga sudah siapkan lahan taninya, tinggal juga nanti setelah ada lahan tani, mesti dibantu juga masyarakat kita tentang potensi lahan ini, cocoknya tanaman apa supaya tidak salah, membuang waktu mengeluarkan dana, hasilnya tak maksimal," jelas Ijeck.
 
Ijeck menjelaskan, nantinya setelah menemukan potensi pertanian apa yang bisa dikembangkan di Siosar, pemerintah juga turut membantu mengembangkan agar pemasarannya semakin luas.
 
"Tapi pemerintah pun harus aktif mendampingi, tak bisa hanya dilepas begitu saja. Dan pemasaran pun pemerintah juga harus ikut membantu, karena pemerintah tak punya peran dalam harga pasar, karena tak bisa berbisnis. Tapi bisa melalui BUMDes untuk desa dan BUMD Kabupaten itu bisa bekerja, baik dengan swasta akhirnya masyarakat bisa dapat manfaat dari kestabilan harga," jelas Ijeck.
 
Dalam kunjungan ini, Ijeck berkeliling melihat Siosar, selain potensi pertanian, kawasan Siosar sangat berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Sumut. Dengan alamnya yang indah, dengan pengeolalaan yang baik, pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif mata pencaharian bagi masyarakat.
 
"Siosar ini udaranya luarbiasa, oksigennya, alamnya pun sangat indah. Dan ini juga harus diperhatikan, harus dijaga. Dengan potensi alam seperti ini, bisa jadi pengembangan juga daerah destinasi wisata baru dengan wisata agro dan juga wisata alam. Ini sangat potensial. Jadi kalau ini betul betul dikelola dengan baik, pastinya bisa menguntungkan, memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat pengungsi yang pindah ke mari," ujar Ijeck.
 
Wabup Karo Theopilus Ginting mengatakan, dengan kunjungan Wagub Sumut ke Relokasi Siosar, diharapkan bisa mempercepat proses pemindahan pengungsi ke kawasan relokasi.
 
Disampaikan juga, Pemkab Karo sedang fokus untuk mengembangkan sektor pertanin di Kawasan Relokasi Siosar. Dirinya berharap, dengan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, bisa membantu memaksimalkan lahan pertanian milik masyarakat di Siosar.
 

"Dengan dukungan Pemerintah Provinsi Sumut, kita harap bisa memaksimakan lahan usaha tani masyarakat di sini," jelas Theopilus.(pr01)

Komentar Anda

Berita Terkini