NBT


3,5 Juta Vaksin Moderna Tiba di Indonesia

HARIAN9 author photo


 JAKARTA| H9
Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-32 sebanyak 3,5 juta Moderna melalui mekanisme doses sharing dengan pemerintah Amerika Serikat, Minggu, 1 Agustus 2021. Disusul kemudian kedatangan vaksin tahap ke-33 berupa vaksin AstraZeneca sebanyak 620 ribu dosis yang direncanakan akan tiba pada 2 Agustus mendatang.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah AS atas dukungan tambahan vaksin Moderna. Ungkapan terima kasih juga saya sampaikan kepada pemerintah Inggris melalui kerja sama doses sharing ini merupakan salah satu cara yang penting untuk dilakukan agar dunia keluar dari pandemi ini,” ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam konferensi pers, Minggu (1/8/2021).

Retno mengatakan kedatangan vaksin AstraZeneca pada Senin (2/8/2021) merupakan hasil dari komunikasi intensif yang dibangunnya dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab. Hasil komunikasi tersebut kemudian semakin dimatangkan melalui mekanisme doses sharing di sela-sela pertemuan G-20 di Kota Matera Italia pada 29 Juni 2021. 

Dengan kedatangan vaksin Moderna berjumlah 3,5 juta dosis tersebut, berdasarkan catatan Kementerian Luar Negeri setidaknya sudah sebanyak 178.357.880 dosis vaksin yang sudah sampai di Indonesia.

Dalam jumlah keseleruhan tersebut, Retno merinci di antaranya terbanagi menjadi vaksin curah berjumlah 144.700.280 dosis dan vaksin jadi berjumlah 33.657.600 dosis. Retno melanjutkan, bila kemudian vaksin tersebut dipilah berdasarkan sisi sumbernya, melalui Covax Facility, Indonesia saat ini telah menerima pengiriman sebanyak 19.704.960 dosis secara gratis yang sebagian besar merupakan vaksin jadi.

“Pemerintah akan bekerja keras untuk mengamankan pengadaan vaksin bagi kepentingan rakyat Indonesia. Dibulan Agustus ada serangkaian ketibaan vaksin ke Indonesia,” pungkasnya.(warta ekonomi)
Komentar Anda

Berita Terkini