NBT


Boku Luncurkan Platform Pembayaran Mobile Global Pertama

HARIAN9 author photo

 

JAKARTA| H9
Penyedia solusi pembayaran mobile terkemuka di dunia, Boku Inc., hari ini meluncurkan M1ST (alias Mobile First), yaitu jaringan pembayaran mobile global pertama. 

Jaringan Pembayaran M1ST menampilkan lebih dari 330 metode pembayaran mobile seperti dompet mobile, tagihan operator langsung, dan skema pembayaran real-time, mencapai 5,7 miliar akun pembayaran mobile di 90 negara dalam satu integrasi.

Peluncuran ini merupakan langkah lanjutan dari Laporan Mobile Wallets oleh Boku yang dilakukan bersama dengan Juniper Research, yang menemukan bahwa pengguna dompet mobile di Indonesia diperkirakan meningkat tiga kali lipat menjadi 202 juta pada tahun 2025. 

Pada laporan ini, juga diperkirakan bahwa layanan dompet mobile di Indonesia akan memiliki nilai transaksi sekitar $107 miliar, yang akan mendorong peningkatan jumlah konsumen digital. Menurut World Bank, proporsi orang dewasa yang mengakses internet di Indonesia meningkat dari 13 persen menjadi 51 persen di antara tahun 2011 hingga 2019.

Vice President dan General Manager Boku untuk Asia Pasifik, Loke Hwee Wong mengungkapkan, Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan dengan digitalisasi paling cepat di dunia. Pada tahun 2020, pengguna internet Asia Tenggara meningkat sebesar 400 juta dengan 70% dari wilayahnya saat ini telah beroperasi secara online. Bersamaan dengan peningkatan tren konsumsi akibat pandemi, kesadaran akan e-Commerce semakin meningkat, demikian juga dengan penggunaan dompet mobile. 

“Kawasan Asia Tenggara sangat bergantung pada penggunaan uang tunai dan transfer bank sebelum penggunaan dompet mobile, kenyamanan dan aksesibilitas melalui penggunaan layanan dompet mobile bernilai akan membuat Asia Tenggara kian unggul dalam adopsi pembayaran mobile di seluruh dunia,” tambah Loke, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut, kehadiran M1ST akan semakin mendukung peningkatan e-Commerce di Indonesia, dengan menghubungkan pedagang global dengan konsumen global melalui pembayaran mobile. M1ST dirancang untuk mengeliminasi kesulitan penerimaan pembayaran mobile, memastikan pedagang dapat menerima pembayaran mobile lebih cepat dengan biaya lebih rendah, dan fokus membangun hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan pelanggan.(PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini