NBT


Bupati Pakpak Bharat Hadir Dalam Panen Cabai Merah

HARIAN9 author photo

 

PAKPAK BHARAT| H9
Dalam lawatannya di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menghadiri acara Panen Perdana Cabai merah di Desa Tanjung  Meriah (18/08/2021). Tanaman cabai merah yang tumbuh subur diatas lahan luas dan terawat dengan baik ini adalah milik Kelompok Wanita Tani Karya Wanita dibawah pimpinan Siti Fatimah Manik, S.Pi, seorang wanita tangguh yang telah puluhan tahun menekuni usaha pertanian dan perkebunan.

Alhamdulillah, berkat binaan dan bantuan dari Dinas Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat melalui tangan-tangan terampil para penyuluhnya, kami berhasil mengembangkan tanaman cabai di Desa ini, sebenarnya ada dua jenis tanaman cabai yang kami tanam di Kelompok ini yakni cabai merah dan cabai rawit, namun hari ini kita hanya akan memanen cabai merah, cabai rawit yang kami tanam belum pada tahapan panen, ungkap Siti Fatimah menjelaskan.

Sementara itu Bupati sendiri menyampaikan apresiasi tinggi atas pencapaiankelompok ini.

.Pertanian menyumbang kontribusi yang bagus untuk perekonomian Kabupaten Pakpak Bharat. Sitellu Tali Urang Jehe ini menjadi salah satu pusat pertanian kita, semua tanaman ada di sini, ada durian, jengkol, petai nilam, gambir dan sebagainya, potensi pertanian kita sangat besar, lihatlah tanaman cabai ini, tumbuh sangat subur tentunya berkat ketekunan dan kerja keras kita semua dalam merawat dan mengusahakan hal ini, sangat senang rasanya berada di sini, diantara para petani tangguh dan ulet, turut merasakan kebahagiaan mereka ketika memanen hasil tanaman sendiri, ucap bupati menjelaskan.

Salah satu bagian dari visi saya adalah pertanian, Pakpak Bharat harus mampu dan mandiri secara pangan, dan untuk tujuan itu kita harus bekerja keras, bersatu padu, bekerja sama antara petani, Penyuluh Pertanian, Pemerintah dan semua pemangku kepentingan didalamnya, saya yakin Pakpak Bharat menuju kemandirian pangan bukanlah mimpi belaka, ungkap Bupati kemudian.

Sementara itu Koordinator penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Yoman Kabeakan mengungkapkan beberapa  capaian Kelompok Wanita Tani ini dalam hal mengembangkan potensi diri mereka dalam bidang pertanian.

Sebenarnya sudah banyak capaian dan kemajuan yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani Karya Wanita ini, boleh dikata para ibu yang tergabung dalam Kelompok ini sudah mampu dan mandiri dalam hal kebutuhan pangan keluarga, selain untuk kebutuhan sendiri mereka bahkan telah menjual dn memasarkan hasil pertanian kelompok mereka ini, hal inilah yang tentunya sangat membagnggakan bagi kami khususnya para Penyuluh pertanian, ungkap Pemuda ini di hadapan Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati juga didaulat untuk menanam bibit jabe rawit pada lahan yang telah disediakan oleh kolempok ini sebelumnya.

Sangat baik menurut saya, pola tanama yang terncana dan berkesinambungan tertata baik disini, ucap Bupati mengakhiri acara ini.(WD-045)
Komentar Anda

Berita Terkini