NBT


Bupati Tinjau Jalan Longsor di Desa Padang Mandailing Garugur Tapsel

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, bersama Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapsel Chairul Rizal Lubis, ST,MT, meninjau lokasi jalan Kabupaten yang longsor di Dusun Bangun Purba, Desa Padang Mandailing Garugur, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapsel, Minggu (29/8/2021).

Jalan yang langsor dan tertimbun material tanah sepanjang lebih kurang 20 meter yang menghubungkan antara Desa Sombadebata Purba dan Padang Mandailing Garugur Kabupaten Tapsel, diduga akibat hujan deras yang menerpa wilayah tersebut pada Jumat (28/8/2021) malam.

Pada kunjungan tersebut, Bupati Dolly mengungkapkan, peristiwa longsor tersebut diketahui setelah ada laporan dari Dinas PUPR, Camat dan BPBD Tapsel dari laporan tersebut kita lamgsung turun ke lapangan melihat kondisi dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar aktivitas masyarakat tidak terganggu.

" Kami biasanya setiap akhir pekan melakukan monitoring ke posko Covid-19 dan rumah Isolasi Mandiri yang ada di Desa se-Kabupaten Tapsel. Begitu kami mengetahui adanya longsor, maka saya perintahkan Dinas PUPR, Camat, Kalaksa BPBD, Camat Saipar Dolok Hole untuk meninjau dan melakukan tindakan segera dan Alhamdulillah, secepatnya jalan yang tertimbun longsor itu sudah bisa dilalui, " ujar Dolly.

Bupati juga menyampaikan pihaknya hadir untuk bergerak cepat supaya akses jalan yang sempat terputus akibat tertimbun longsor bisa segera dilewati oleh masyarakat seperti sediakala dan diucapkan terimakasih kepada TNI-Polri yang turut berjibaku merespons adanya musibah longsor.

" Karena TNI-Polri telah sigap dan berperan aktif dalam memperlancar arus lalulintas di Desa Padang Mandailing Garugur ini dan mudah-mudahan, ke depan tidak ada lagi kendala dalam perbaikan akses jalan di sekitar kawasan tersebut, " harapnya.

Bupati juga menyampaikan, beberapa hari lalu di beberapa lokasi terjadi longsor, yang mana sumber dayapun terbatas, maka ia perintahkan untuk menyisir setiap lokasi dan dari sisi banyak pihak yang mengakses jalan tersebut, sehingga Pemkab Tapsel membuat skala prioritas pengerjaan pembersihan. 

" Saya mengucapkan terima kasih dan salut atas kekompakan masyarakat yang selalu bergotong royong dalam membersihkan lokasi longsor bersama Pemkab dan TNI - Polri dan saya ingatkan kepada segenap masyarakat Tapsel bahwa, berdasar info dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa curah hujan dalam kurun waktu belakangan ini cukup tinggi. Maka dari itu, diharapkan agar masyarakat tetap waspada terhadap perubahan alam dan cuaca di sekitar Tapsel. Tidak hanya longsor, Bupati juga mendapat informasi bahwa Tapsel rawan bencana banjir juga Karhutla. Saya berpesan.

" Jangan sampai kita terkena musibah akibat kelalaian dan ketidak hati-hatian. Kami di sini, terus bekerja bersama untuk kenyamanan warga Tapsel. Lebih jeli membaca tanda-tanda alam. Perubahan situasi terutama arus dan debit air sungai. Sehingga setiap aktivitas di sungai bisa dilakukan dengan segera jangan sampai air meluap bisa mengakibatkan terjadinya musibah karena hanyut dibawa arus, " katanya.

Kadis PUPR Tapsel Chairul Rizal Lubis, ST,MT, mengatakan, Dinas PUPR Tapsel telah menurunkan personil dan alat berat untuk mengatasi jalan yang tertimbun longsor dan mudah-mudahan dalam waktu singkat dapat teratasi berkat sinergitas semua pihak termasuk TNI, Polri dan masyarakat.

Kepala Desa Padang Mandailing Garugur, Sahnan Siregar, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel dan TNI-Polri yang cepat tanggap turun langsung ke lokasi guna meninjau jalan longsor dan dia berharap, kiranya akses jalan di kawasan tersebut kembali lancar seperti semula. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini