NBT


Dandim 0205/TK Ikut Mencari Korban Longsor di Lau Bawang

HARIAN9 author photo

 

KARO| H9
Komandan Kodim 0205/Tanah Karo, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto ikut turun dan mencari korban bencana longsor di Dusun Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (28/8/2021). 

Peristiwa longsor yang terjadi Kamis (26/8/2021) malam kemarin telah mengakibatkan empat rumah warga tertimbun material tanah, dan merenggut lima korban jiwa. 

Sampai siang ini, Dandim 0205/TK bersama unsur terkait di Pemkab Karo masih terus mencari para korban di lokasi bencana dengan dibantu warga setempat. 

Sejumlah alat berat juga ikut dikerahkan untuk mempercepat proses evakuasi dan pencarian korban serta pembersihan material tanah bercampur lumpur bekas longsor. 

Adapun lima korban jiwa, yakni: 
1. Tia Monika Novi Sari Silitoga (28), alamat Jln Krakatau Ujung Medan yang ditemukan Jum’at pagi sekira pukul 05.00 WIB. 
2. Kasih Karolina br Tarigan (3), alamat Kabanjahe di temukan sekira pukul 05.00 WIB. 
3. Anjel br Taringan (5), warga Kabanjahe ditemukan sekira pukul 09.00 WIB. 
4. Bumi Riski Aditia (2) warga Kabanjahe, dan 
5. Dewi Br Marpaung (48). Keduanya ditemukan sekira pukul 12.10 WIB siang.

Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto yang juga Dansatgas Gunung Api Sinabung ini terlihat ikut mencari korban yang tertimbun longsoran tanah sejak kemarin malam. 

Dandim menjelaskan, penyebab longsor akibat curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir. Dengan kondisi cuaca seperti ini, Dandim mengingatkan warga yang tinggal di daerah perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan.  

Dandim juga merencanakan untuk meninjau ke sejumlah lokasi rawan longsor di wilayah Kabupaten Karo. "Kita akan turun ke daerah-daerah rawan longsor untuk mengingatkan warga, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang di tempat lain," ucap Dandim. 

Dandim juga menerangkan bahwa Pemkab Karo telah melaporkan peristiwa ini ke Kementerian Sosial untuk mendapatkan bantuan tanggap bencana. 

Terakhir, Dandim menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pihak keluarga korban dalam peristiwa bencana longsor di Lau Bawang ini. 

"Dari hati paling dalam, saya turut berduka cita atas kejadian ini, sehingga beberapa keluarga mengalami kehilangan sanak saudaranya. Semoga dapat mengikhlaskan, dan juga diberikan ketabahan atas kejadian ini,” pungkas Letkol Yuli Eko Hadiyanto.(pp-04)


Komentar Anda

Berita Terkini