NBT


Dorong Pengembangan Peternakan, Gubsu Serahkan Bantuan kepada 18 Kelompok Tani

HARIAN9 author photo


 RANTAUPRAPAT | H9
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan sapi, kambing, itik dan ayam kepada 18 kelompok tani. Bantuan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan peternakan di daerah ini.

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Edy Rahmayadi saat meresmikan gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembibitan Ternak Ruminansia, Lobusona, Labuhanbatu. Para kelompok tani diminta dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya dan mengembangkan ternak yang diberikan.

"Saya ingin dikembangkan ini, jangan pula nanti diberikan langsung dijual, dipotong. Kalau begitu berapapun diberi akan habis. Kembangkan dulu, baru jual, jadi nanti banyak di sini ternak kita," kata Edy Rahmayadi, usai meresmikan gedung UPT Pembibitan Ternak Ruminansia,belum lama ini.

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi menyerahkan 30 ekor sapi, 80 ekor kambing, 800 ekor itik dan 1.600 ayam. Pada kunjungan berikutnya Edy meminta bantuan ini bisa bertambah tahun berikutnya.

"Kalau sapi mungkin lama, tetapi kambing, ayam, itik bisa cepat. Ini bukan uang saya, ini uang rakyat yang digunakan untuk menyejahterakan rakyat lagi. Di sini sudah ada UPT, jadi kalian bisa bekerja sama dengan mereka agar peternakan kalian lebih maksimal," kata Edy.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut  Nawal Lubis mengatakan, selain bantuan ternak juga diberikan peralatan memasak dan pembuatan keripik. Bantuan ini diberikan kepada istri-istri kelompok penerima hibah Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Ketapang) Provinsi Sumut, untuk industri rumahan keripik singkong.

"Bagi ibu-ibunya untuk membantu perekonomian keluarga bisa membuat keripik singkong atau yang lain dengan alat ini. Ini pemicu agar ibu-ibu mau berusaha lebih. Ajak teman-temannya agar ibu-ibu di sini terberdayakan, jadi tidak cuma urus anak, rumah dan dapur," kata Nawal Lubis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Azhar Harahap berharap ke depannya lebih banyak lagi kelompok tani yang bisa dibantu. Selain itu, dia juga berharap UPT Pembibitan Ternak Ruminansia Labusona bisa bermanfaat luas kepada masyarakat.

"Sekarang kita sedang diterpa Covid-19, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak yang dibantu. Dan UPT ini bisa semakin besar, bermanfaat luas untuk pembibitan ternak ruminansia di Labuhanbatu, Labusel dan Labura," kata Azhar. (pr01)
Komentar Anda

Berita Terkini