NBT


Dua Damkar Palas Berjibaku Padamkan Api, Akibat Kebakaran Lahan

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Kebakaran lahan kosong kembali terjadi di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (03/08/2021) sore. Kebakaran kali ini terjadi pada areal  lahan kosong kurang lebih satu (1) Hektar milik Rahmad Marbun, warga dari Lingkungan I, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, lahan kosong tersebut yang berada di Desa Tanjung Baringin, Kecamatan Barumun Selatan.

Petugas dari Dua Damkar Palas dibantu warga dan pemilik dan penjaga kebun berjibaku memadamkan api yang akan meluas jika dibiarkan dan menjulang tinggi. Informasi diperoleh wartawan dilokasi kejadian, awalnya warga melihat muncul api di lahan yang ditumbuhi ilalang dan rumput liar tersebut.

Melihat kobaran api dan meskipun hari sudah sore cuaca juga masih panas warga segera memberitahukan ke Pos Damkar, Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas.

Cepatnya laporan warga, kebakaran satu hamparan lahan yang ditumbuhi rumput ilalang yang sempat menimbulkan kobaran api setinggi pohon yang ada dilokasi itu dengan cepat dapat dipadamkan petugas, ujar seorang warga dilokasi kejadian.

Enam belas (16), anggota Damkar dan Tujuh (7) ASN dari dua kendaraan silih berganti menyemprotkan air agar lahan yang sedang dilalap api padam.

Seorang warga lainnya, yang punya kebun disekitar lokasi Pak De mengatakan, dia saat itu sedang berada di tempat kebun miliknya tidak jauh dari lokasi kebakaran, dia mengaku terkejut ada api muncul dalam seketika langsung membesar.

Melihat api semakin membesar secepatnya diapun bergegas juga untuk melaporkan kebakaran itu ke Pos Pemadam Kebakaran Kantor Satpol PP dan Damkar untuk meminta bantuan.

"Belum tahu dari mana api tiba-tiba sudah besar, saya langsung memberitahukan ada kebakaran lahan  ke pos Damkar Palas minta bantuan pemadam kebakaran," ujarnya.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Palas Melalui Kabid Damkar sekaligus Komandan Regu pemadaman, M. Halomoan Siregar didampingi ASN dan pasukan pemadam lainnya kepada Harian9.com mengatakan, menerima laporan adanya kebakaran Kami (Damkar Palas-Red) langsung mengerahkan dua mobil pemadam ke lokasi  kebakaran tersebut, sekaligus dilengkapi pasukan pemadam kebakaran.

Sampai dilokasi kebakaran lahan tersebut sekira jam 16, 00, wib. kobaran api sudah menyala sangat besar kira kira setinggi pohon yang ada dilokasi kebakaran. Petugas langsung melakukan pemadaman dan tidak lama api dapat dipadamkan, Sekira pukul 17.30 wib. Sehingga tidak meluas atau merembet kelahan atau kebun milik warga lainnya yang berada disekitar lokasi kejadian sebut M. Halomoan Siregar, yang jadi komandan pasukan sekaligus Kabid Damkar Palas di Kantor Satpol PP dan Damkar Palas.

Disamping itu Pemerintah Kabupaten Palas, melalui petugas Satpol PP dan Damkar Palas mengimbau dalam cuaca panas seperti ini dan rawan kebakaran lahan rumput kering agar jangan membuang puntung rokok sembarangan dipinggir jalan dimanapun, apalagi di ilalang kering akan mudah terbakar.

"Cuaca panas, misalnya  sedikit api dari puntung rokok akan mudah terjadi kebakaran lahan, masyarakat hendaknya lebih waspada dengan api karena tanpa diduga menimbulkan kebakaran lahan," pesan Manimpo Halomoan Siregar.(WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini