NBT


Gedung BLK Komunitas Ponpes, Workshop Kejuruan Desain Mode dan Tekstil di Palas Diresmikan

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Bupati Padang Lawas (Palas) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Palas Arpan Nasution S.Sos didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Palas, Jhon Nedi Piliang, SH, MH, bersama Kabid Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja Ali Asmi Lubis, S.Sos meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja yang diberikan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Syakira Barumun Desa Janjilobi Kecamatan Barumun. Nilai bantuan bangunan tersebut total mencapai Rp 1miliar, dimana pengerjaannya yang dikerjakan dalam bentuk swakelola. Rabu, (04/08/2021).

Turut hadir, Kadisnaker Palas, Jhon Nedi Piliang. SH, MH, Kakankemenag H. Abdul Manan, MA, Pimpinan Ponpes Syakira Barumun H. Maskur Subhan Daulay, S.PdI, Pimpinan Ponpes Aek Haruaya Sibuhuan Drs. H. Saparuddin Hasibuan, MA, Ketua BSPPL Palas H. Pauzan Hamidi Hasibuan, S.Ag, Pimpinan Ponpes Babul Hasanah Manggis Ustadz H. Mardin Assyiddiq Hasibuan, dan para tamu Undangan lainnya.

Sambutan Bupati Palas, yang disampaikan melalui Sekda Arpan Nasution S.Sos, menyatakan, Semoga dibangunnya BLK Komunitas di lingkungan pesantren dapat membekali peserta Pelatihan mendapatkan ilmu keterampilan yang akan berguna, sehingga dengan bekal keterampilan tersebut dapat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerja,” demikian disampaikan Sekda saat meresmikan gedung BLK Komunitas di Ponpes Syakira Barumun Desa Janjilobi Kecamatan Barumun.

Selain itu dilanjutkan Sekda, dimana Bantuan sarana BLK di Ponpes tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. Dengan Harapan, kelak para peserta yang mengikuti pelatihan bukan hanya berakhlaq baik namun mampu bersaing di dunia kerja dengan modal skill yang di dapat dari pelatihan kerja pada saat menempuh pendidikan di BLK Komunitas ponpes.

Sekda Arpan juga, meminta agar semua komponen masyarakat menyatukan persepsi dan menjalin sinergitas antara Pemkab Palas dengan Ponpes agar permasalahan pengangguran dapat teratasi dengan adanya BLK Komunitas dilingkungan pesantren tersebut,.

"Untuk itu mari sama sama kita tanamkan rasa kecintaan yang mendalam kepada daerah kita dan dapat bekerja ikhlas semata-mata niat ibadah,” pesan Sekda.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Kabupaten Palas Jhon Nedi Piliang, SH, MH., didampingi Kabid Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja Ali Asmi Lubis, S.Sos mengatakan, sasaran program itu adalah non pemerintah, sehingga tugas dinas hanya mengurus izin operasionalnya, serta memberikan pembinaan dan mengevaluasi karena sifatnya berkelanjutan.

“Dana pembangunan BLK Komunitas ini nilainya sekitar Rp 1 Miliar, yang dikucurkan dari Kementerian Tenaga Kerja itu langsung ditransfer ke pengurus yayasan pengelola Ponpes penerima bantuan dengan sistem pengerjaan secara swakelola, dengan rincian Rp.500 juta untuk mobiler dan Rp.500 juta untuk Pembangunan Gedung, terang Kadis Naker Palas, Jhon Nedi

“Disamping itu, Untuk infrastruktur pelatihan sudah masuk dalam paket program tersebut dan kedepannya nanti bekerjasama dengan BLK Komunitas Ponpes. Jika ingin mengasah keterampilan lebih dalam lagi maka kita bisa arahkan ke pelatihan BLK tersebut,” pungkasnya

Sementara itu pengasuh Ponpes Syakira Barumun Desa Janjilobi H.Maskur Subhan Daulay S.PdI mengatakan, pihaknya merasa terbantu berkat bantuan BLK Komunitas tersebut. Sehingga santri yang mondok di pesantren tidak hanya dibekali ilmu agama, tetapi juga mempunyai bekal keterampilan ketika kelak terjun di tengah masyarakat.

“Semoga keberadaan BLK komunitas di Ponpes Syakira bisa membawa bermanfaat bagi para Santri maupun peserta yang mengikuti pelatihan untuk menciptakan peluang kerja dan berakhlak baik,” ucapnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini