NBT


Kades Tugasnya Melayani, Bukan Malah Dilayani Masyarakat

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL| H9
Sebagai kepala pemerintahan di Desa, seorang Kepala Desa (Kades) harus menguasai Tigas Pikok dan Fungsi (Tupoksi) nya secara baik dalam menjalani tugas, mengingat dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan akan semakin berat. Makanya Kades masa kini harus berjiwa melayani, bukan malah dilayani masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM saat mekakukan pelantikan dua Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) di ruang lobi Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Senin (30/8/2021).

Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda pangkat Kepada Kades, yang disaksikan Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, PKK, Ketua APDESI Tapsel Hasan Basri Hutasuhut dan sejumlah undangan lainnya. 

Pelantikan dua Kades PAW tersebut berdasarkan SK Bupati Nomor : 188.45/543/kpts/2021 tanggal 23 Agustus 2021, masing-masing, Musfa Gani Hasibuan sebagai Kades PAW Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan dan Azwar Anas sebagai Kades PAW Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, Kades di Tapsel agar terus belajar, kuasai perundang-undangan dan tugas pokok sehingga diharapkan nantinya akan mampu memimpin rakyatnya. Kades juga harus mampu menguasai data terkait potensi yang dimiliki di Desa, baik berupa peluang, hambatan, maupun tantangan. 

" Tinggalkan paradigma lama bahwa Kades itu bukan raja, dimana masyarakat melayani Kades, akan tetapi Kades lah yang harus melayani masyarakatnya di Desa, " tegas Dolly.

Dolly juga menjelaskan, bahwa Kades harus memegang peranan penting dalam pemerintahan sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah atasan. Disamping itu, para Kades untuk lebih peka terhadap segala persoalan sosial di wilayah masing-masing dan Kades juga harus jadi orang pertama yang paling tahu persoalan di desa. Maka dari itu, Kades harus dapat menjadi fasilitator bagi persoalan warga.

" Minimal, Kades melapor ke dinas terkait jika ada suatu persoalan yang dianggap sangat-sangat penting, atau dapat melapor langsung ke saya, " teramgnya.

Untuk mencapai itu semua, sebut Dolly, memang perlu adanya pemikiran yang jernih dan sentuhan yang lembut dari seorang Kades sebagai ujung tombak guna menembus sampainya program Pemkab Tapsel ke masyarakat dan diharapkan juga, istri Kades sebagai penyokong kegiatan yang ada di desa harus mampu memberikan motivasi yang terbaik, sehingga amanah yang diberi masyarakat dapat dijalankan dengan baik pula.

" Terakhir, kami berpesan ke semua pihak dan terkhusus ke Kades yang baru dilantik, bilamana menemukan persoalan walau seringan serta semudah apapun, janganlah kita bersifat anggap enteng atau remeh, sebab bisa berujung pada kelalaian. Selalu serius dan berkesungguhanlah dalam melaksanakan tugas, sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat, " pinta Dolly.

Setelah penyerahan SK pelantikan dua Kades, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu juga melantik dua Ketua TP PKK Desa Sibongbong dan Desa Sorimanon sekaligus menekankan agar pengurus PKK desa untuk melakukan pembenahan organisasi dan menjalankan tugas-tugasnya dalam memberhasilkan 10 program pokok PKK. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini