NBT


Kapolres Padangsidimpuan Tinjau Pelaksanaan Operasi PPKM dan Razia Swab Antigen di Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Masih tingginya angka terpapar yang Covid-19 di Kota Padangsidimpuan, membuat seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan bersama TNI dan polri terus mengefektifkan razia Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan swab antigen Covid-19 di wilayah Kota Padangsidimpuan, Sabtu (31/7/2021) malam.

Seperti yang dilakukan di Jalan Sudirman Simpang IKIP Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Operasi PPKM dan razia swab antigen yang dipimpin Camat Padangsidimpuan Utara H.Zulkifli Lubis, SH ditinjau langsung oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, bersama Sekdakota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, SKM, M.kes, Asisten I Iswan Nagabe Lubis dan Asisten II Rahuddin Harahap, SH.
         
Dari hasil operasi tersebut, 25 pengendara yang melintas tanpa memakai masker dan melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 langsung di razia personil gabungan dari TNI Kodim 0212/Tapsel, Polres Padangsidimpuan Satpol PP dan Dishub Kota Padangsidimpuan dan dibawa ke posko Covid-19 untuk dilakukan testing swab antigen Covid-19.
         
Dalam razia tersebut, seorang warga yang dilakukan swab antigen, dinyatakan reaktif Covid-19 yakni warga Desa Manisak Kabupaten Mandailing Natal dan tinggal ngekos di Jalan ST. Mhd Arif Kelurahan Pangkal Dolok Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. 
        
Warga tersebut langsung membuat pernyataan apakah dilakukan isolasi khusus Covid-19 yang telah disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan di Komplek Perkantoran Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara atau isolasi mandiri (Isoman) di rumah nya.
        
Dari hasil wawancara oleh petugas Tenaga Kesehatan (Nakes) Cpvid-19, warga yang reaktif tersebut meminta isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya dengan membuat surat pernyataan di Sekretariat Satgas Covid-19 Kota Padangsidimpuan untuk melakukan isolasi mandiri secara Prokes dan dikembalikan ke daerah asal di Desa Manisak.
        
Kemudian petugas gabungan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pemko Padangsidimpuan menghubungi pihak Kelurahan dan Kepala Lingkungan tempat tinggal warga yang reaktif Covid-19, untuk dilakukan tracing dan pengawasan sebelum kembali ke kampung halamannya.
        
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, mengharapkan masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padangsidimpuan.
       
Terkait ditemukan seorang warga yang reaktif saat operasi PPKM di Simpang IKIP,  Kapokres meminta petugas Tracing di tingkat Kelurahan dan Lingkungan untuk terus melalukan pengawasan dan pemantauan sebelum warga yang reaktif kembali ke kampung halamannya.
        
” Operasi ini diharapkan terus diefektifkan hingga waktu yang ditetapkan dan sesuai dengan surat edaran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ” ujar Kapolres.
        
Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan Prokes yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas serta yang terpenting tetap berperilaku hidup sehat serta menjalani vaksinasi.
        ” Covid-19 masih ada. Makanya kita harus tetap waspada dan mematuhi Prokes serta mengikuti vaksinasi sesuai anjuran pemerintah, ” terangnya.
        
Sementara Camat Padangsidimpuan Utara H.Zulkifli Lubis, SH mengatakan Operasi PPKM dan swab antigen ini menyasar para pengguna jalan yangvtidak menggunakan masker dan melanggar Prokes Covid-19.
       
“ Kami memberikan teguran dan edukasi kepada pengguna jalan yang tidak pakai masker dan melanggar Prokes, kemudian dilakukan swab antigen oleh petugas Nakes Gugus Tugas Covid-19, " terangnya.
      
Dikatakannya, selama kegiatan ini, masih menemukan adanya pemgguba jakanbyang tidak gunakan masker kegiatan. " Untuk itu kepada  warga masyarakat agar patuhi PPKM Darurat agar penyebaran Covid-19 dapat kita tekan,," terang Zulkifli. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini