NBT


Kerjasama Antara PKK Desa dan Para Pemangku Kepentingan Akan Sejahterakan Masyarakat

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, mengharapkan agar ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa, untuk berperan aktif membantu suami sebagai Kepala Desa dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Sebab saat ini, tugas para perangkat desa semakin berat dalam hal penanggulangan Covid-19.

" Dana Desa (DD) yang seyogyanya dapat dipergunakan untuk pembangunan di Desa, saat ini harus dipotong sebanyak 8 persen untuk dana refocusing penanggulangan Covid-19, " ujar Dolly, disela road show Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapsel Tahun 2021 di Aula Kantor Camat Angkola Muaratais, Kabupaten Tapsel, Selasa (24/8/2021).

Adapun pemateri pada road show Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapsel Tahun 2021 tersebut yakni Kadis PMD Muhammad Yusuf, Kadis PP dan PA Tiorisma Damayanti dan Kadis Sosial Nurdin Pane serta dihadiri Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, para pengurus TP PKK Kabupaten dan Ketua TP PKK desa se-Kecamatan Angkola Muaratais.

Lanjut Bupati, para Perangkat Desa, harus siap menghadapi berbagai kritisi dari para pihak pengawas baik penegak hukum maupun lembaga masyarakat terkait penggunaan dana refocusing Covid-19 itu, apa sudah tepat sasaran atau tidak. Tentunya, berbagai tanggungjawab para perangkat desa saat ini begitu besar dan berat.

" Maka dari itu, kata Bupati, ibu-ibu PKK Desa yang baik adalah yang ikut berperan aktif dalam mendukung suaminya agar tetap eksis dan konsisten dalam menanggulangi Covid-19 maupun membangun Desa, " harapnya

Selain itu, tak ubahnya seperti masyarakat umum, para perangkat desa juga dihadapkan dengan situasi, di mana anak-anaknya harus belajar dengan menggunakan metode dalam jaringan (Daring).

Menurutnya, metode daring, mengharuskan anak-anak untuk membuka akses internet dan berbagai macam informasi, baik yang negatif ataupun positif, bisa diakses dari internet. Akibat fenomena itu, seluruh pemangku kepentingan Desa, Kepala Desa, Perangkat Desa dan PKK Desa dan tokoh masyarakat harus memikirkan dan menjaga moral serta akhlak anak-anaknya di rumah ditengah kesibukannya melayani masyarakat.

" Untuk itu, saya berharap agar ibu-ibu PKK desa dapat bekerjasama dengan suami selaku Kepala Desa dalam menyelesaikan segala persoalan, baik itu di rumah maupun ketika melayani masyarakat,, " ucap Dolly.

Sementara, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, di sambutannya berharap agar PKK Desa bisa mewujudkan cita-cita organisasi dalam mencetak keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berakhlak mulia, berbudi luhur, sejahtera, maju, serta mandiri. PKK adalah gerakan Nasional menuju pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk rakyat.

Keanekaragaman potensi, kebudayaan, permasalahan dihadapi, dan pelaksanaan program-program PKK itu juga bervariasi. Demikian juga program dan kegiatan yang diadakan PKK, ada yang berhasil sesuai rencana dan ada pula yang belum berhasil karena adanya permasalahan tersebut.

" Maka dari itu, berbagai pencapaian program ataupun kegiatan PKK hendaknya dijadikan evaluasi dalam perbaikan internal organisasi ke depannya, " ungkap Ketua TP PKK.

Sedangkan Camat Angkola Muaratais, AM Fadhil Harahap, melaporkan, masyarakat yang ada di Kecamatannya, masih berpegang erat terhadap budaya 'Dalihan Na Tolu' dan prinsip gotong royong. Penanganan Covid-19 di Kecamatan Angkola Muaratais selama ini juga berlangsung secara pro aktif dengan melibatkan semua pihak.

" Kami berharap, ibu-ibu PKK dan kepala desa, dapat membantu kami dalam menyosialisasikan ke masyarakat terkait Instruksi Bupati Tapsel yang sudah disebarkan ke desa dan kelurahan agar jangan menggelar pesta atau berkumpul-kumpul selama pandemi Covid-19, " sebutnya.

Sebelumnya Bupati dan Ketua TP PKK Tapsel menyerahkan bantuan sembako berupa, beras 10 kg, indomie 10 bungkus, telor 1 papan, dan minyak goreng 1 kg kepada 10 warga lanjut usia (lansia). 

Kemudian Bupati bersama Ketua TP PKK Tapsel beserta rombongan menuju Desa Muara Purba Nauli untuk menyerahkan bantuan bibit ikan lele sebanyak 2 ribu ekor kepada warga setempat yang diterima oleh Kades Muara Purba Nauli didampingi Ketua TP PKK desa. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini