NBT


Kodim 0201/Medan Bersama Forkopimda Sepakat Gencarkan Pelaksanaan 3T Covid-19

HARIAN9 author photo

 

MEDAN| H9
Kodim 0201/Medan bersama Pemko Medan, Polrestabes Medan dan Polresta Belawan sepakat untuk menggencarkan pelaksanaan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) Covid-19 di lapangan guna menekan dan memutus mata rantai penularan Virus Corona di wilayah Kota Medan sekitarnya. 

Apabila dalam pelaksanaan 3T ini ditemukan warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka akan langsung ditempatkan di lokasi Isolasi Terpusat (Isoter) yang sudah disiapkan Pemko Medan.

Hal ini merupakan hasil keputusan rapat bersama antara Dandim 0201/Medan, Kolonel Inf Agus Setiandar, SIP, bersama Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, Kapolresta Pelabuhan Belawan, AKBP R Dayan dan unsur Forkopimda lainnya di Makodim 0201/BS Medan, Kamis (26/8/2021).

Dalam rapat, Bobby Nasution mengatakan saat ini restoran dan pusat perbelanjaan seperti mall sudah diperbolehkan beroprasi. Namun untuk menghindari terjadinya lonjakan penularan perlu dilakukan antisipasi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Pelaksanaan 3T Covid-19 akan difokuskan di kecamatan zona merah. Bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 akan langsung ditempatkan di lokasi isoter yang telah disediakan guna menghindari penyebaran Covid-19 yang semakin meluas," jelas Bobby Nasution. 

Bobby juga memerintahkan para Camat untuk mendata warganya yamg terkonfirmasi agar langsung ditempatkan di lokasi Isoter.

"Kita akan menambah jumlah petugas termasuk juga bekerjasama dengan Lab Rumah Sakit yang ada di Kota Medan, agar hasil tes PCR masyarakat dapat dengan cepat diketahui hasilnya," tambah Bobby.

Terkait jumlah warga yang telah melakukan vaksin Covid-19 dosis kedua, Bobby menjelaskan akan menggabungkan jumlah yang dilakukan Pemko Medan (17,73%) dengan yang dilakukan Kodim 0201/Medan dan Polrestabes Medan.  

Sementara, Dandim 0201/Medan, Kolonel Inf Agus Setiandar memastikan pihaknya akan mendukung penuh optimalisasi 3T Covid-19 di lapangan. 

Dandim juga mengatakan akan meminta tambahan personel ke Pangdam I/BB dan penggunaan RS Tk II Putri Hijau Medan sebagai tempat pemeriksaan tes PCR.

"Kami siap membantu Pemko Medan dan ini akan kita laporkan ke Panglima," kata Agus Setiandar sembari mengatakan kedepan akan ada pembagian masker dari Pangdam I/BB untuk masyarakat Kota Medan.

Dukungan senada juga disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, yakni dengan menggencarkan Operasi Yustisi PPKM dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran.  

"Dalam satu bulan kita bisa melakukan tindakan sampai lima ribu orang dan itu merupakan yang tertinggi di Indonesia, artinya bukan berarti tingkat kesadaran masyarakatnya rendah tetapi karena keaktifan anggota di lapangan sangat tinggi," paparnya.(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini