NBT


KTH Bersatu Kembali Tanam150.000 Bibit Mangrove

HARIAN9 author photo

 

LANGKAT| H9
Kelompok Tani Hutan ( KTH) Bersatu Kelurahan Alur Dua Baru Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat kembali menanam bibit pohon Mangrove, Jumat(6/8/21) sekira pukul 15.00.WIB

Penanam bibit Mangrove ini menurut Ketua Kelompok Tani  Hutan Bersatu  Asrul Yadi merupakan program kerja yang sudah tertuang dalam berita acara Musyawarah Kelompok Tani Hutan Bersatu beberapa waktu lalu yang sudah di setujui para pengurus KTH Bersatu termasuk pembina Edo Manik, SE

Lebih lanjut Asrul Yadi memaparkan sudah beberapa kali pengurus dan anggota KTH Bersatu melaksanakan Reboisasi / penanaman kembali bibit pohon Mangrove di beberapa lokasi pesisir Wilayah Teluk Aru Khususnya Kelurahan Alur Dua Baru.

Sedangkan tahun 2021 ini sudah ada dua kali KTH Bersatu menanam bibit pohon Mangrove pertama pada bulan Pebruari 2021 dan bulan Agustus 2021. 

Pada bulan Agustus 2021 kami sudah menyediakan sebanyak 150.000 bibit pohon Mangrove untuk di tanam di lokasi Kelurahan Alur Dua Baru karena adanya kerusakan ekosistim Mangrove akibat adanya penebang liar menyebabkan beberapa tempat Hutan Mangrove Gundul tidak ada sama sekali pohon Mangrove yang kelihatan. 

Berangkat dari kerusakan hutan Mangrove maka KTH Bersatu  berupaya menanam 150.000 Mangrove di area seluas 50 Hektar..papar Asrul Yadi.

Terpisah Pembina Kelompok Tani Hutan Bersatu Edo Manik ,SE ketika di konfirmasi Kru H9 di lokasi penanaman Mangrove  mengatakan sebelumnya ada beberapa kelompok Tani Mangrove yang sudah menanam Mangrove ,berdasarkan data sebanyak 800.000 bibit Pohon Mangrove yang sudah kita tanam bersama kelompok Mangrove lainnya.

Khusus KTH Bersatu pada bulan Agustus 2021 akan di tanam 150.000 batang bibit pohon Mangrove.

Edo Manik,SE juga menjelaskan tujuan Reboisasi hutan Mangrove  untuk menjaga kelestarian hutan Mangrove yang bermanfaat bagi kehidupan bio data laut seperti ikan, udang, kepiting dan hewan air laut lainnya termasuk menghasilkan oksigen bagi kehidupan Manusia.

Selain tujuan di atas yang jelas kita akan buat program Ekowisata Mangrove agar generasi yang akan datang paham betapa pentingnya menjaga ekosistim Hutan Mangrove, jelas Edo Manik,SE( WD.042)
Komentar Anda

Berita Terkini