NBT


Lubang Jalan Prrovinsi di Kabupaten Padang Lawas Bagaikan Ranjua

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Jalan lintas Provinsi Sumatera Utara (Jalinsum) yang menghubungkan Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan Padang Lawas Utara (Paluta) serta Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau.

Jalan Provonsi ini terbentang di 12 ( Dua belas) Kecamatan dari 17 (tujuh belas) Kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Lawas, yakni mulai dari Kecamatan Hutara Tinggi, Kecamatan Sosa Timur, Kecamatan Sosa,  Kecamatan Sosa Julu Kecamatan Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun,  Kecamatan Aek Nabara Barumun,  Kecamatan Barumun Tengah, inilah arah timur dan utara dari pusat Kota Sibuhuan ibu kota Kabupaten Padang Lawas.

Sedangkan kearah Barat dari Kota Sibuhuan yaitu Kecamatan Barumun Baru, Kecamatan Ulu Barumun dan Kecamatan Sosopan.
           
Dalam Pantauan awak media Harian9.com (Senin/30/08/2021) disepanjang jalan Provinsi ini sangat butuh pemeliharaan segera dan Penanganan serius sebab banyaknya Lubang yang menyulitkan Pengguna Jalan seperti Pengemudi Angkutan Umum, Mini Bus. Truck Pengangkut CPO dan TBS serta Pengendara sepeda Motor yang sering mengalami kerusakan ban pecah bahkan kecelakaan. tutur Hengki Pengendara sepada Motor.

Sementara untuk Jalan menuju Kabupaten Padang Lawas Utara via Sibuhuan Sosopan lebih extreem lagi disamping banyaknya lubang juga banyak terdapat jalan longsor yang membelah badan Jalan  dan jembatan. saat ini masih ditemui Dua Jembatan Darurat dari kayu dan batang Kelapa yaitu Di desa Siraiasan.

Hingga saat ini masih belum ditangani sedangkan didesa Hulim sedang memulai pekerjaan oleh rekanan Upt Binamarga Provinsi Sumatera Utara wilayah Tabagsel yang berkantor di Gunungtua, ujar Adi Nasution Pengemudi angkot pengguna Jalan Sosopan kepada Media Harian9.com

Harapan masyarakat Sosopan yang bekerja sebagai Petani Sayuran, seperti Bawang, tomat, cabai dari Kabupaten Padang Lawas sangat mengharapkan Perhatian Pemerintan Provinsi Sumatera Utara dan Bapak atau Ibu anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara terkhusus Dapil Sumut VII (Tujuh) kiranya mendengar Aspirasi Kami dari Padang Lawas sebagai Konstituen, inilah permohonan kami ibalah kiranya kata ibu E Hasibuan.

 Pada waktu penelusuran kami, selanjutnya sempat menerima cerita riwayat singkat tentang jalan Sibuhuan Sosopan Sosa dari salah satu Oppung Regar ( Kakek) bahwa jalan ini di bangun atau dibuka pada masa Kolonial Belanda yang pekerja putra Pribumi, pembukaannya bersamaan dengan jalan Sibolga menuju Tarutung saat itu terkenal dengan sebutan kerja Paksa ( Romusa )

Selain itu, dimasa Nippon ( japan ) terus diperlebar dengan memahat batu gunung besar bagaikan dinding, tapi kini seolah tertinggalkan, ekonomi kami sebagai pedagang kecil matisuri, rumah makan yang dulunya disinggahi Angkutan Bus tinggal kenangan, keluhnya.

Disamping keterangan yang kami himpun dari masyarakat langsung, kami awak Media Harian9 menjumpai Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat Sayap Gerakan Supremasi Hukum Indonesia (Sayap Geshindo) DPW Kabupaten Padang Lawas Ibu Annisa St. ( Bidang Kontruksi ) beliau sangat mengapresiasi berita kritik membangun, apalagi jalan ini jika tak dihiraukan mengancam jiwa manusia.

Lubang Jalan jika dimusim hujan bagaikan ranjau bagi para pengendara, apalagi pengendra sepada motor, dikarenakan lubang yang tertutup Air. Korban Kecelakaan tunggal sudah sering terjadi, beliau berharap pihak Binamarga Provinsi Sumatera Utara bertanggung jawab kedepannya atas resiko akibat kecelakaan tunggal yang disebabkan pembiaran jalan rusak. 

Dengan nada yang sama juga harapannya kepada penegak hukum berkenan mengingatkan Uptd Binamarga Provsu di Gunungtua agar segera memperbaiki atau menambal ribuan lubang yang ada disepanjang jalan provinsi di Kabupaten Padang Lawas.

Sehingga tanggung Jawab Dinas PU Binamarga Provinsi Sumatera Utara yang selama ini, selalu kami dengar yang disalahkan adalah Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dan Muspida Plusnya, singkronnya. 

Oleh karena itu kepada masyarakat supaya tahu, serta Kepada Dinas terkait di Padang Lawas jangan jadikan dirimu jadi tumbal, tapi jadilah pemberi solusi agar tidak ada yang dikorbankan baik oleh hujatan kata maupun tindakan,Perbuatan, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Padang Lawas Bapak Rony Syaiful, S.sos, MM, ketika dihubungi lewat telepon selularnya,  beliau Menghimbau agar para Pengguna Jalan lebih berhati - hati apalagi disaat cuaca Hujan.

Patuhilah aturan berkendra yang baik demi keselamatan Anda juga orang lain sesama di jalan serta kurangi kecepatan laju kenderaan yang Anda Kemudikan, demikian saran dari Kadis Perkimhub Palas, Rony Syaiful. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini