NBT


Mengunjungi Situs Makam Bersejarah Tuan Guru Syeik H. Mustafa Bs Rokan Dan Filosofi Lokasi Keberadaan Makam

HARIAN9 author photo

 

ASAHAN|H9
Pada hari selasa tanggal 17 agustus 2021 fahmi sinaga mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melaksanakan  PKL yaitu dengan mengunjungi situs bangunan bersejarah, yakni Situs makam Tuan Guru Syeikh H. Mustafa Bs rokan. Dengan program kerja Mengekspos makam Tuan Guru Syeikh H. Mustafa Bs Rokan.

Makam Tuan Guru syeikh H. Mustafa Bs. Rokan ini berlokasi di Dusun III Desa sei paham kec. Sei kepayang Kab Asahan.

Alm. Tuan Guru syeikh H. Mustafa Bs Rokan adalah salah satu tokoh yang berperan menyebarkan dakwah islam khususnya didesa sei paham dan juga di beberapa daerah Asahan lainnya, beliau juga ikut berjuang bergerilya melawan penjajahan jepang pada masanya yang markas nya di pasar II Desa Pertahanan. Beliau lahir di Desa Sei Tualang Pandau, Sei Kepayang Barat. Tanggal 22 Desember pada tahun 1922. Tuan Guru Syeikh H. Mustafa ini pernah menuntut ilmu bersuluk ke basilam, singkat cerita beliau juga mendirikan rumah persulukan di kediaman beliau di desa sei paham dan masih berdiri dan berlanjut sampai sekarang.

Beliau menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 03 April tahun 2002, Keberadaan makam beliau ini sekarang ada dibelakang rumah utama tetapi makam nya tetap masih didalam sebuah Rumah, lantas mengapa keberadaan makam  Tuan Guru ini harus didalam rumah ? Berdasarkan penuturan sumber yakni cucu Almarhum yakni Abu Sohir, Beliau mengatakan bahwasanya kalau dalam pelajaran Almarhum tuan Guru ini beliau dahalu nya mau di ghoibkan, seharusnya tidak ada makam, tetapi keluarga meminta supaya ada zasad untuk diziarahi, dan memang rumah yang belakang itu dikosongkan dan bila sampai hukum tuan Guru Syeikh dimakam kan didalam rumah tersebut.

Filosofi Makam Tuan Guru syeikh H. Mustafa Bs. rokan mengenakan kelambu berlapis lapis:

Menurut penuturan cucu beliau awalnya ada orang yang datang menyampaikan Nazar berziarah, orang yang berkunjung mengatakan jika Nazarnya sampai maka dia akan memasangkan kelambu ke makam tuan Guru, dan itulah penyebab kelambu yang berada dimakam tuan Guru Syeikh H. Mustafa makin hari makin Bertambah.

Orang orang yang datang berziarah ke makam Tuan Guru syeikh H. Mustafa Bs Rokan tidak hanya berdatangan dari daerah desa itu saja melainkan banyak yang datang dari daerah lain bahkan luar kota.(fath9)

Komentar Anda

Berita Terkini