NBT


Tingkatkan Produksi Pertanian Padi, Dinas ESDM Provsu Bangun Pompa Air Tenaga Surya di Sergai

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Sebagai upaya untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian khususnya padi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) membangun 1 unit Pompa Air Tenaga Surya bertempat di Dusun II Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). 

Kepala Dinas ESDM Provsu melalui Kabid Energi Neptiana Awalia Sitepu saat melakukan sosialisasi sekaligus Penyerahan dan Penyaksian hasil pembangunan PLTS terpusat di Dusun II Desa Sei Rampah, rabu (18/8/2021) mengatakan, dibangunnya PLTS terpusat tersebut untuk mendukung program terintegritas peningkatan produksi padi di Sumatera Utara. 

Dikatakannya, ada 2 Kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) yang mendapatkan bantuan hibah pembangunan PLTS tersebut yakni Kabupaten Samosir dan Sergai.

"Untuk tahun ini, ada 2 PLTS yang kita bangun. Yang pertama di Kabupaten Samosir dan yang ke 2 Kabupaten Sergai. Dibangunnya Pompa Air Tenaga Surya ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian," jelasnya. 


Lebih lanjut dijelaskan oleh Neptiana, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh petani jika menggunakan Pompa Air Tenaga Surya tersebut. Diantaranya yakni, petani tidak perlu lagi membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk memutar mesin pompa air guna mengairi sawahnya.

"Pompa ini menggunakan tenaga surya (Matahari). Jadi para petani nanti tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli BBM nya," ungkap Neptiana Sitepu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sergai Dedy Iskandar SP yang hadir di sosialisasi tersebut mengucapkan terimakasih kepada Dinas ESDM Provsu yang telah membangun PLTS terpusat diKabupaten Sergai. 

Menurut Dedy, bantuan Pembangunan Mesin Pompa Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi para petani, apalagi bagi para petani yang menggunakan pompanisasi. Sebab, petani yang menggunakan pompanisasi harus mengeluarkan biaya besar untuk membayar air, karena mesin pompanya menggunakan BBM. 

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemprovsu yang telah membangun PLTS terpusat didaerah ini. Mudah-mudahan, dengan terbangunnya PLTS ini, para petani disini dapat meningkatkan produktivitas pertaniannya," ucap Dedy. 

Hadir dalam acara sosialisasi sekaligus Penyerahan dan Penyaksian hasil pembangunan PLTS terpusat di Dusun II Desa Sei Rampah yakni, Camat Sei Rampah Nazarudin S.Sos, Kades Sei Rampah Munajat, Pengurus SIMURP Kabupaten Sergai serta para pengurus POKTAN Benteng Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah selaku penerima manfaat pembangunan PLTS terpusat tersebut.(WPU06) 

Komentar Anda

Berita Terkini