NBT


Wakil Bupati Lantik 12 Pejabat Eselon II Palas

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas), melakukan rolling dan mutasi sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkab Palas, bertempat di Aula Kantor Bupati Palas, Komplek Perkantoran SKPD Terpadu, Sigala-gala Jalan Lintas Sibuhuan-Sosa, Selasa (31/08/2021). 

Hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Palas, Arpan Nasution, S.Sos, Kapolres Palas, yang diwakili Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat, SH, Kajari Palas, Pimpinan OPD serta lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Wakil Bupati  Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si itu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Palas nomor: 821.2/557/KPTS/2021 tertanggal 30 Agustus 2021. Dan dalam pelantikan tersebut sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Data yang di terima Harian9.com dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Palas menyebutkan, dari 12 nama yang dilantik, ada 3 Eselon II yang masih belum dilantik atau masih ditunda pelantikannya yaitu, Dinas Pespustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Palas, Dinas Dukcapil kabupaten Palas, hingga kini dua jabatan tersebut masih diduduki oleh Pelaksana Tugas (PLT). dan Asisten III, karena karena suatu hal, pada jabatan tinggi pratama atau eselon II, tercatat 12 (dua belas) jabatan Dinas yang diganti dan dirolling.

Dalam SK tersebut, 1. Jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Kabupaten Palas dijabat Bustami Harahap, S. Sos, yang sebelumnya Staf Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Palas, 2. jabatan kepala Dinas PU Palas dijabat dijabat  M. Yani, ST, MT. sebelumnya Sekretaris pada Dinas PU Palas.

3. Agustina Ritonga, SH, dari  Staf pada Sekretariat Daerah Kabupaten Palas, dilantik dalam jabatan sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Palas. 4. Amit Hadi Nasution, SH dilantik dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Palas. Dari Staf pada Sekretariat Daerah Kabupaten Palas,

5. Achmad Fauzan Nasution, SH.I, M.Pd.I, yang sebelumnya sebagai Sekretaris Pada Dinas Soaial Kabupaten Padang Lawas, dilantik dalam jabatan baru sebagai Pj. Kepala Dinas pada Dinas Sosial Kabupaten Palas.

6. Markia Hasibuan, SE, sebelumnya sebagai Sekretaris pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Palas, dilantik dalam jabatan baru Pj. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Palas,

7. Ongku Bosar Daulay, S.Pd sebelumya sebagai Kabid Penglolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Palas, dilantik dalam jabatan baru sebagai Pj. Kepala Dinas pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Palas.

Selanjutnya 8. Ahmad Faisal Siregar, SP sebelumnya sebagai Sekretaris Pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Palas, dilantik dalam jabatan baru sebagai Pj. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Palas.

9. Ratna Dewi Harahap, SH sebelumnya Staf Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Palas, dilantik dalam jabatan baru sebagai Pj. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Palas.

Berikutnya 10. ada nama Triyanta Hadil Khoiri Dairiyawan, SE, M.Si, yang sebelumnya sebagai Sekretaris pada Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Palas, dilantik sebagai Pj. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Palas.

11. M. Rasyidi Hasibuan, S.Pd, MM. Yang sebelumnya menjabat Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, dilantik sebagai Pj. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Palas.

Dan untuk yang terakhir, 12. Agus Saleh Saputra Daulay, SH, MM dilantikk sebagai Pj. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Palas, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Hukum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Palas.

Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama eselon II, dalam lingkup Pemkab Palas, merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini erat kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan di daerah ini, "pelantikan dilaksanakan hari ini harus dinilai dari aspek kebutuhan organisasi, serta bukan penempatan personal pejabat berdasarkan kepentingan yang lain," kata  Wabup Palas Ahmad Zarnawi.

"Ini dilakukan agar kehidupan organisasi dapat berjalan maksimal terutama dalam pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat, atas dasar itulah indikator penilaian yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian, loyalitas dan komitmen terhadap tugas yang diamanatkan," sambung Wabup.

Orang nomor dua di jajaran Pemkab  Palas itu menegaskan, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan untuk mengejawantahkan ide dan gagasan serta senantiasa memiliki visi pada konteks membantu pimpinan dalam melaksanakan tugas tugasnya.

Wabup berharap pejabat dapat menjadi pioneer dalam menggerakkan organisasi guna melakukan perubahan, "promosi dan pengisian jabatan yang dilakukan setelah melalui tahapan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja dan telah selesai mengikuti ujian seleksi dalam mengisi jabatan formasi jabatan eselon II," tambahnya.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Wabup meminta untuk tidak jumawa namun harus dengan cepat menjadi pembelajar sebab Visi Misi Kabupaten Palas "Bercahaya" yang diusung membutuhkan responsifitas kerja, yang cepat, tepat dan efektif dengan tetap mengedepankan profesional sesuai dengan standar pelayanan," tegas Wabup seraya menyatakan, pelantikan pejabat eselon II telah disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)" tutupnya. (WD41/MAL)

Komentar Anda

Berita Terkini