NBT


Bobby Burhansyah Nasution Klarifikasi Terkait Berita APD Covid19 di Madina

HARIAN9 author photo


MADINA| H9
Terkait pemberitaan media online harian9 mengenai tentang kasus APD covid-19 di sejumlah kecamatan ataupun beberapa desa yang ada di kabupaten Mandailing Natal.

Dengan hormat saya yang bernama Bobby burhansyah Nasution SH meminta kepada pimpinan redaksi ibu ataupun bapak yang berada ditempat dengan ini menyatakan keberatan atas pemberitaan tersebut.

Maka dari itu atas nama pribadi saya memohon kepada pimpinan redaksi untuk segera menerbitkan pemberitaan baru untuk klarifikasi ataupun somasi keberatan terkait pemberitaan harian9 yang baru-baru ini saya rasa sudah menyalahi kode etik karena memuat foto dan nama saya tanpa pemberitahuan atau konfirmasi terlebih dahulu terhadap saya.

Karena dengan pemberitaan tersebut dapat merugikan nama baik saya dan keluarga saya.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dewan pers penggunaan foto tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena terdapat hak cipta yang dimiliki oleh si pemilik foto dan foto yang hendak digunakan harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh hukum adapun definisi dari pada hak cipta itu sendiri adalah hak cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang dimiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas karena mencakup ilmu pengetahuan seni dan sastra atau art and literary yang didalamnya mencakup pula program komputer direktorat jenderal kekayaan intelektual.

Mengenai tentang itu adapun pasal-pasal di dewan pers sebagai berikut 1Peraturan

Kode Etik Jurnalistik

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik:

Pasal 1

Wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Penafsiran

a. Independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers.

b. Akurat berarti dipercaya benar sesuai keadaan objektif ketika peristiwa terjadi.

c. Berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara.

d. Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pihak lain.

Pasal 2

Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

Penafsiran

Cara-cara yang profesional adalah:

a. menunjukkan identitas diri kepada narasumber;

b. menghormati hak privasi;

c. tidak menyuap;

d. menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya;

e. rekayasa pengambilan dan pemuatan atau penyiaran gambar, foto, suara dilengkapi dengan keterangan tentang sumber dan ditampilkan secara berimbang;

f. menghormati pengalaman traumatik narasumber dalam penyajian gambar, foto, suara;

g. tidak melakukan plagiat, termasuk menyatakan hasil liputan wartawan lain sebagai karya sendiri;

h. penggunaan cara-cara tertentu dapat dipertimbangkan untuk peliputan berita investigasi bagi kepentingan publik. si

Maka dari itu atas nama pribadi saya dan lembaga saya memohon kepada pimpinan redaksi harian 9 dengan hormat kami meminta agar pencatatan nama saya ataupun foto saya di situ diubah sebagaimana mestinya.

Demikian dengan pernyataan ini saya perbuat mudah-mudahan ke depannya bisa menjadi mitra yang baik untuk kita semua amin ya robbal alamin.(Bobby burhansyah Nst S.H).

(rel)

Komentar Anda

Berita Terkini