NBT


Bupati Tapsel Minta Kader Posyandu Tingkatkan SDM

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL | H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, meminta para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat Tapsel.

" Saya bangga terhadap dedikasi kader Posyandu yang tinggi. Ini sejalan dengan visi kami menuju Tapsel yang Maju Berbasis SDM Pembangun yang Lebih Sehat, Lebih Cerdas dan Lebih Sejahtera dan Sumber Daya Alam yang Produktif dan Lestari, " ujar Bupati Dolly selaku pembina PKK dalam tatap maya zoom pada acara 'PKK Menyapa Posyandu', yang digelar secara virtual di aula Rumah Dinas Bupati Tapsel di Sipirok, Selasa (21/9/2021).

Bupati menyebutkan, kualitas pelayanan kesehatan adalah salah atau misi pemerintah, karena, masyarakat yang sehat, tentunya tidak bisa terlepas dari bagaimana kita sehari-hari dalam meningkatkan kualitas hidup.

Untuk itu, katanya, peran Posyandu sangat penting dalam menunjang kualitas kesehatan masyarakat, agar dapat dikelola dan diselenggarakan dengan baik. Artinya, kualitas kesehatan merupakan tanggung jawab bersama dan diakuinya, saat ini, pihaknya tengah berupaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. 

" Dengan mengurangi stunting, kualitas kesehatan masyarakat semakin meningkat dan sebagai garda terdepan dalam menjaga kualitas kesehatan masyarakat, saya meminta segenap pihak agar mau mendukung berbagai program Posyandu dan Posyandu juga dituntut harus bisa merubah pola pikir masyarakat ke arah yang lebih sehat dan sejahtera, " terangnya.

Selain itu, Bupati juga mendorong naiknya golongan bagi Posyandu yang ada di Tapsel, dari Pratama menjadi Madya, yang Madya menjadi Purnama dan Purnama menjadi Posyandu Mandiri. Ditambah Posyandu perlu dielaborasikan dengan fasilitas umum lain bagi masyarakat seperti PAUD, Posyandu Manula maupun Remaja.

" Ini semua dapat terwujud dengan dukungan dan partisipasi dari masyarakat dan yang terpenting adalah peran Bapak dan Ibu sebagai kader Posyandu termasuk peran Ibu-ibu PKK di desa serta kelurahan, " imbuhnya.

Bupati juga menginginkan, Posyandu di masing-masing lokasi di Tapsel jadi primadona bagi masyarakat, termasuk dalam melakukan sosialisasi kesehatan dan gizi. 

" Melalui "PKK Menyapa Posyandu', saya mengajak segenap kader Posyandu, untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, " tuturnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini