NBT


Kapolres Padangsidimpuan Ingatkan Personil Agar Bersikap Humanis

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN |H9
Polres Padangsidimpuan menggelar Operasi Patuh Toba 2021, melalui apel gelar pasukan, dipimpin Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH di lapangan apel Mapolres Padangsidimpuan, Senin (20/9/2021).

Apel gelar pasukan dihadiri Waka  Polres Padangsidimpuan Kompol Syahril M, para Kabag, Kasat, perwakilan TNI, Denpom, Dishub, Satpol PP, dengan perwira apel Kasat Lantas AKP Junaidi SH, Komandan apel Kanit Turjawali Ipda Sulaiman Rangkuti dan diikuti barisan Perwira Polres Padangsidimpuan, barisan TNI - AD dari Koramil Kota Padangsidimpuan, barisan Sat Sabhara, barisan Sat Lantas, barisan Sat Pol PP, Dishub Kota Padangsidimpuan dan barisan gabungan Sat Intelkam, Reskrim dan Sat Resnarkoba Polres Padangsidimpuan.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH berkesempatan menyempatkan tanda pita operasi kepada masing-masing perwakilan pasukan yakni, Briptu Very Siburian dari Sat Lantas Polres Padangsidimpuan, Kopda L. Siagian dari Sub Den Pom dan A. H Nasution dari Dishub Kota Padangsidimpuan.

Usai gelar pasukan, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH didampingi Kasat Lantas AKP Junaidi SH, mengatakan, Operasi Patuh Toba 2021 yang digelar serentak di Sumatera Utara termasuk Polres Padangsidimpuan, berlangsung selama dua pekan mulai Senin 20 September 2021 sampai Minggu 3 Oktober 2021.

Dalam operasi Patuh Toba 2021, jajaran  kepolisian akan meperketat pengawasan kepatuhan aturan lalu lintas dan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. 

Dia menjelaskan, terdapat dua aspek yang menjadi titik tekan dan tujuan pelaksanaan Operasi Patuh Toba kali ini yakni meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas dan kepatuhan terhadap Prokes pencegahan Covid-19. 

Terkait dengan kepatuhan berlalulintas katanya, jajaran kepolisian akan memberikan tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran, diantaranya yang kerap terjadi, tidak memakai helm, tidak membawa dokumen kendaraan, kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis dan melanggar rambu-rambu.

" Kami berharap selama Operasi Patuh Toba 2021 berlangsung kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan mengalami penurunan dan kesadaran masyarakat berlalulintas semakin tinggi, " terang AKBP Juliani.

Terkait dengan pandemi Covid-19, jajaran kepolisian akan mengawasi penegakan Prokes dan kerumunan di berbagai tempat, terutama yang berpotensi terjadinya pelanggaran.

" Pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2021 juga berfokus dalam upaya penanganan memutus mata rantai pandemi Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massal. Kendati akan bertindak tegas, petugas di lapangan akan mengedepankan pendekatan yang humanis, simpatik dan edukatif.  pungkasnya.

Kepada seluruh personil, menekankan agar sebelum melaksanakan tugas, panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.

" Laksanakan operasi dengan simpatik dan humanis dan jadilah teladan dalam berlalu lintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat dan jangan lupa patuhi Prokes, ” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Padangsidimpuan AKP. Junaidi, SH menuturkan, Operasi Patuh Toba 2019 akan dilaksanakan selama 14 hari tujuannya untuk meningkatkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltiblancas Lantas) serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan Lalu Lintas.

“ Prioritas penindakan dalam Operasi Patuh Toba 2021 antara lain anak dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI dan melawan arus dan bagi siapa saja yang melanggar aturan, langsung dilakukan penindakan, “ jelasnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini