NBT


Kecamatan Bandar Pulau Jadi Pemenang Lomba Potensi dan Inovasi Desa

HARIAN9 author photo

 

KISARAN|H9
Sungguh Fantastis dan perlu terus dibina oleh Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan Bandar Pulau yang berhasil menjadi juara 1 di Klaster Ekonomi dan Klaster Wisata dan Klaster Lingkungan mendapat juara 3.

Dalam Kegiatan lomba Potensi dan Inovasi Desa Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan Pemkab Asahan bekerjasama dengan PT Inalum.

Camat Bandar Pulau Alinuddin Marpaung,SH tampak begitu bahagia saat diumumkan Pemenang Lomba Potensi dan Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Asahan.Dari 3 Klaster yang dipertandingkan Pemenangnya adalah Desa dibawah Pimpinan Camat Bandar Pulau.

Saat Dikonfirmasi awak media Harian9.com di lokasi acara atas prestasi ini beliau mengatakan"Saya Sangat merasa bangga atas keberhasilan ini"ucapnya
"Saya berharap kepada semua Desa yang di Kecamatan Bandar Pulau agar terus menggali Potensi yang ada di Desa.Dan teruslah melakukan Inovasi Inovasi Kreatif demi untuk kemajuan Desa dan juga untuk menambah dan meningkatkan Perekonomian masyarakat"Ungkap Alinuddin,SH

Beliau menambahkan " Pemerintah Kecamatan Bandar Pulau akan terus mendukung Desa dalam menggali Potensi dan berinovasi".
Alinuddin,SH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan dan PT.Inalum atas Kegiatan,Semoga Acara seperti ini kedepan dapat terus dilanjutkan. 

PT. Inalum Persero menyerahkan hadiah kepada Desa pemenang lomba potensi dan inovasi desa Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jum’at (24/09/2021).

Penyerahan hadiah tersebut diserahkan langsung oleh PT. Inalum Persero yang diwakili oleh Senior Excecutive Vice President PT Inalum Persero Ismail Midi bersama dengan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Mewakili Bupati Asahan), Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiarti Surya, Wakil Ketua TP. PKK Kab. Asahan Ny. Hj. Yusnila Indriati Taufik kepada Kepala Desa pemenang lomba.. 

Sementara pada bimbingan dan arahannya Bupati Asahan yang diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suherman Siregar, SSTP mengatakan, tujuan inovasi desa adalah untuk mendorong pembangunan desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi.

Pada lomba ini ada 3 klaster yang diikuti dalam pengembangan potensi dan inovasi desa yaitu klaster lingkungan dimana pada klaster ini perlu peningkatan SDM untuk menggali dan menata lingkungan pengelolaan dan pemanfaatan pekarangan rumah.

Untuk klaster ekonomi, pengembangan kearifan lokal dan kewirausahaan, pengembangan usaha masyarakat yang diprakarsai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta Produk Unggulan Desa (Prudes), Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prokades) dalam rangka menggerakkan dan mengembangkan perekonomian desa.

Sedangkan untuk klaster wisata ini diharapkan pertisipasi masyarakat untuk menggali dan menata Sumber Daya Alam yang ada dengan memperhatikan infrastruktur, sarana dan prasarana, pengelolaan dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

Beliau berharap dengan adanya lomba potensi dan inovasi desa ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk menggali potensi yang didesa dan berinovasi untuk mengembangkan Sumber Daya Alam yang ada dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya beliau mengucapkan terima kasih kepada PT. Inalum yang telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Semoga kerjasama ini dapat terus dilanjutkan pada masa-masa yang akan datang.

Desa Pemenang Lomba Potensi dan Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Asahan,
Klaster Wisata, Juara I Desa Aek Nagali Kecamatan Bandar Pulau, Juara II Desa Gotting Sidodadi Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Juara III Desa Marjanji Aceh Kecamatan Aek Songsongan.

Klaster Ekonomi, Juara I Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau, Juara II Desa Batu Alam Kecamatan Rahuning, Juara III Desa Subur Kecamatan Air Joman dan untuk Partisipasi Desa Aek Bange Kecamatan Aek Ledong, Desa Ledong Timur Kecamatan Aek Ledong, Desa Aek Banban Kecamatan Aek Songsongan, Desa Bangun Kecamatan Pulau Rakyat.

Klaster Lingkungan, Juara I Desa Taman Sari Kecamatan Pulau Bandring, Juara II Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane, Juara III Desa Bandar Pulau Pekan Kecamatan Bandar Pulau, Partisipasi Desa Rahuning II Kecamatan Rahuning, Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat dan Desa Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane.

Tampak hadir pada kegiatan ini Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Senior Excecutive Vice President PT Inalum Persero, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Wakil Ketua TP. PKK Kab. Asahan, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Sekretaris PKK Kab. Asahan, OPD, beberapa Camat dan Kepala Desa pemenang lomba dan tamu undangan lainnya.(WD032)
Komentar Anda

Berita Terkini