NBT


Ketua PWI Tabagsel : Sinergitas TNI dan Jurnalis Harus Dipertahankan

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN |H9
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Sukri Falah Harahap mengatakan, pers sebagai pilar ke empat demokrasi memiliki peran penting dalam pembangunan dan berperan mendorong stabilitas keamanan.

Hal itu disampaikan Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap dalam sambutannya pada acara Komunikasi Sosial (Komsos) dan silaturrahmi antara jajaran TNI Kodim 0212/Tapsel dengan insan pers se Tabagsel, yang mengambil tema, 'Mengkawal Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI', bertempat di aula Daulay-Simorangkir Makodim 0212/Tapsel, Kamis (16/9/2021).

Pertemuan yang diprakarsai Kodim 0212/Tapsel, dihadiri Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kapolres Padangsidimpuan diwakili Kasubbag Humas AKP. Maria Marpaung, SE,MM, Kapolres Tapsel diwakili Kasubbag Humasy Iptu Amron Simanullang, SH, Kasubbag Polres Mandailing Natal, Kadis Kominfo Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, Kadis Kominfo Tapsel, Paluta, Madina dan Palas, serta insan jurnalis dari media cetak, elektronik, siber dan radio se Tabagsel yang merupakan wilayah teritorial Kodim 0212/Tapsel.

Sukri Falah menyebutkan, bersama TNI, pers telah banyak memberi konstribusi positif dalam membantu pemerintah daerah untuk mensukseskan pembangunan diantaranya melalui Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di wilayah Kodim 0212/Tapsel yang baru saja selesai di laksanakan.

" Harapan kami ke depannya, sinergitas kemitraan TNI dengan pekerja pers tidak saja dipertahankan, tetapi dapat semakin ditingkatkan, sehingga prestasi demi prestasi untuk Kodim 0212/Tapsel dapat kita wujudkan bersama, " terangnya.

Sukri juga mengucapkan terimakasih tak terhingga dari insan pers di Tabagsel kepada Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing beserta seluruh jajaran, karena telah melibatkan insan jurmalistik menjadi bagian dari pelaku sejarah perjuangan meraih prestasi Juara II Nasional kategori Karya Jurnalistik TMMD ke 111 tahun 2021.

Terimakasih juga kepada jajatan TNI khususnya Angkatan Darat (AD), karena sejak mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono yang melontarkan dorongan motivasi di depan Forum Pemimpin Redaksi (Pimred) pada tahun 2016, bahwa hubungan TNI AD dengan jurnalis atau media semakin di eratkan dan lebih ditingkatkan.

" Kita yakin Tuhan itu Maha Tahu. Tetapi dunia perlu diberitahu. Maknanya adalah kita sebagai umat beragama meyakini Tuhan itu Maha Segalanya. Tetapi kita juga harus ingat bahwa ummat manusia di dunia ini harus diberitahu atas segala perkembangan yang terjadi melalui berita hasil karya jurnalistik, " katanya.

Ia mencontohkan, seperti halnya kesuksesan program Lumbung Ketahanan Pangan Nasional (food estate) yang diinisiasi Presiden RI Joko Widodo dan menghunjuk Kementerian Pertahanan sebagai penanggungjawab pelaksanaannya di lapangan.

Di Indonesia hanya ada dua Provinsi yang ditetapkan sebagai lokasi food estate, yakni Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara (Sumut) dan untuk Sumut sendiri hanya ada tiga Kabupaten yang ditetapkan dan dua di antaranya berada di wilayah teritorial Kodim 0212/TS yaitu Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan, sedangkan satu daerah lagi di Kabupaten Humbang Hasundutan.

" Untuk Kabupaten Tapsel, TNI bersama Pemerintah Daerah akan menyiapkan lahan program Ketahanan Pangan seluas 21 ribu hektar dan di Madina seluas 10 ribu hektar. Tentunya program ini harus gencar disosialisasikan agar dapat terwujud sesuai harapan kita bersama, " tuturnya.

Sementara mewakili wartawan media elektronik Sulaiman Siregar menyebutkan, hubungan yang terjalin antara TNI dan insan jurnalistik di Tabagsel sudah cukup baik, bahkan berbagai program kegiatan TNI khususnya Kodim 0212/Tapsel terus di update oleh pers.

" Saya mengajak rekan-rekan jurnalis untuk tetap bergandengan tangan hingga ke tingkat Babinsa, khususnya  mendukung secara baik program penanganan Covid-19 dan tugas pokok TNI yang berkaitan dengan kemajuan daerah, karena TNI hadir ditengah masyarakat, " tegasnya.

Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, menilai, media harus bisa menjadi bahan rujukan bagi masyarakat untuk mengecek kebenaran informasi, terlebih, kemajuan teknologi membuat semua kalangan usia yang memiliki gadget mudah mengakses informasi.

" Bahkan katanya, berkat peran dan parsipasi media yang begitu eksis memberikan informasi kepada masyarakat, Kodim 0212/Tapsel berhasil meraih juara II Nasional lomba Karya Jurnalistik Kategori Satgas TMMD ke-111 dan kami sangat berterimakasih atas itu, " sebutnya

Menurut Dandim, saat ini, hampir semua orang mulai kalangan remaja hingga dewasa mempunyai gadget. Bisa dibayangkan, bagaimana jika informasi yang mereka dapatkan justru mengarah provokatif dan tidak mengedukasi.

Kepada seluruh rekan media, yang bertugas di wilayah teritorial Kodim 0212/Tapsel, Dandim berpesan, agar selalu disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) saat beraktivitas demi upaya meminimalisir tertular Covid-19.

" Saya minta dukungan dari seluruh masyarakat Tabagsel, termasuk insan jurnalistik, agar dapat memiliki peran penting bisa dapat membantu memberikan informasi setiap masalah yang ada ditengah masyarakat, sehingga kita dapat berkoordinasi dengan stakeholder untuk dapat menyelesaikan persoalan yang timbul, " paparnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini