NBT


Pangdam I/BB : Ingat..! di Pundakmulah Nama Baik Satuan dan TNI Dipertaruhkan

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Panglima Komando Daerah (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, SIP.,MM diwakili Kepala Staf Kodam (Kasdam) I Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito melakukan pemeriksaan kesiapan prajurit TNI Batalyon Infanteri (Yonif) 123 / Rajawali yang akan diberangkatkan dalam Operasi Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatadan (Pamtas) RI-Papua Nugini TA 2021 di lapangan Mako Yonif 123/Rajawali, Jalan Imam Bonjol Kota Padangsidimpuan, Rabu (15/9/2021).

Dalam pemeriksaan kesiapan tersebut, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito didampingi Danrem 023/Kawal Samudera Kolonel Inf. Febriel B. Sikumbang, SH, MM, Asisten Logistik (Aslog), Asisten Teritorial (Aster) dan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kodam I Bukit Barisan.

Saat melaksanakan pemeriksaan kesiapan pasukan, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito sangat mengapresiasi program unggulan maupun program yang akan dilaksanakan oleh prajurit Satgas Yonif 123/Rajawali dan  berharap prajurit Satgas Yonif 123/Rajawali berhasil dan dapat membantu kesulitan masyarakat di daerah penugasan.

Adapun prajurit TNI Yonif 123/Rajawali yang akan diberangkatkan ke Papua sebanyak 450 prajurit. Seluruhnya telah menyelesaikan rangkaian latihan Pratugas dan direncanakan akan ditugaskan selama 9 bulan untuk menjaga perbatasan RI-PNG. 

" Tugas yang diberikan kepada Yonif 123/Rajawali merupakan salah satu implementasi tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sebagaimana tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, " ujar Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito, dihadapan prajurit Yonif 123/Rajawali.

Disebutkannya, dalam kunjungannya ini, guna melakukan check and recheck kesiapan Satgas baik prajurit maupun kelengkapan alat dan peralatan yang akan digunakan dalam operasi Pantas.

" Apabila dalam pemeriksaan kesiapan masih ditemukan kekurangan dan kendala, segera lengkapi dan cari solusinya serta adakan koordinasi dengan satuan terkait, agar Satgas Yonif 123/Rajaeali siap diberangkatkan, " ucap Pangdam.

Pangdam juga menekankan, bahwa 
Pangdam juga menekankan kepada Satgas Yonif 123/Rajawali agar melaksanakan tugas mulia ini secara profesional dan penuh tanggung jawab serta jaga kehormatan dan harga diri satuan.

 “ Ingat..! dipundakmulah nama baik satuan dan TNI dipertaruhkan. Tugas adalah kehormatan. Untuk itu hindari pelanggaran dan selalu berdo’a kepada Tuhan YME agar setiap tugas dan tanggungjawab yang diberikan mendapat kelancaran dan kemudahan. Semangat dan berdoa serta kembangkan inovasi dan kreativitas guna mendukiung keberhasilan pelaksanaan tugas, " tegasnya

Sementara Danyonif 123/Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban saat memberikan paparan kesiapan operasi menjelaskan kepada Kasdam bahwa ada beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan di daerah penugasan nantinya diantaranya, penyediaan sarana air minum dan pembuatan sumber air.

" Dalam penugasan ini,  selain menjaga pakan melaksanakan perbatasan, prajurit Satgas Yonif 123 / Rajawali juga akan melaksanakan berbagai program membantu masyarakat karena setelah berlebih dahulu ditinjau, di daerah penugasan, masih ada beberapa  wilayah yang masih sulit mendapatkan air bersih. Kami mohon doa restu agar tugas prajurit kami sukses, " tetang Danyon. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini