NBT


Pemda Aceh Tamiang Sambut Kunjungan ARC Universitas Syiah Kuala

HARIAN9 author photo

 

ACEH TAMIANG | H9)
Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mendukung penuh, mewujudkan Aceh sebagai Mayor Proyek Nilam Nasional yang telah di dukung oleh Tim Atsiri Research Center  Universitas Syiah Kuala serta Kedutaan. Hal tersebut terungkap saat pertemuan  di Pendopo  Bupati di Kualasimpang pada Selasa, (14/9/2021),"ungkap Humas Sekdakab Jum'at (17/09/2021). 

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn menuturkan, di Aceh Tamiang masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan, nantinya dapat dijadikan lahan untuk menanam nilam,"jelasnya.

"Jika tanaman nilam sudah dapat menghasilkan, nantinya dapat diangkut ke Banda Aceh guna proses pengolahan. Kemudian hasil Pengolahan nilam Aceh tersebut diharapkan kembali lagi ke Aceh Tamiang untuk dilakukan kemasannya, salah satunya menjadi produk parfum. 

"Untuk persiapan lahan pengumpulan, dapat dilakukan di areal Politeknik yang berada di Tualang Cut Kecamatan Manyak Payed yang nantinya akan menjadi pusat  tanaman nilam Aceh dari beberapa kecamatan yang berada di wilayah Aceh Tamiang, sehingga mudah bagi Atsiri Research Center USK untuk melakukan pengolahan.

Bupati menambahkan, saya yakin melalui olahan produk ini, nantinya kita dapat membuat UMKM Nilam Aceh, terbukanya lapangan kerja. Begitu juga hasil Nilam, sebesar 80% olahan nilam dapat diekspor, sedangkan 20 % dapat diolah menjadi produk lokal,”ungkapnya.

Hadir pada pertemuan tersebut, Asra Sekretaris Daerah , Rianto Waris Kepala Bappeda, beserta sejumlah Kepala dan pejabat instansi terkait, Kepala Bank Aceh, perwakilan PT. Socfindo, PT. Pertamina, para Camat, Karang Taruna dan Petani Nilam. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini