NBT


Perumda RPH Akan Tindak Peradaran Daging yang Langgar Perda Kota Medan

harian9 author photo
MEDAN| H9
Dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No. 6 Tahun 2021 Tentang Perusahaan Umum Daerah Rumah Pot0ng Hewan (Perumda RPH) Kota Medan, terkait tugas dan fungsi Perumda RPH Kota Medan dapat melakukan penindakan terhadap peredaran daging yang masuk ke Kota Medan tidak di potong dari RPH Kota Medan. Hal itu terungkap dalam silaturahmi Direksi Perumda RPH Kota Medan  sekaligus sosialisasi Perda No. 6 tahun 2021 bersama perwakilan perusahaan Importir di Kantor Perumda RPH Kota Medan, Selasa (28/9/2021).  

Direktur Utama Perumda RPH Kota Medan Harisandi Syafril Harahap menyampaikan harapannya kepada Perusahaan Importir Sapi, kiranya dapat bekerjasama dalam penegakan Perda no 6 tahun 2021, dalam upaya meningkatkan kualitas BUMD Milik Pemerintahan Kota Medan ini.   

"Kami mengharapkan perusahaan importir  sapi dan pengusaha potong yang hewan dagingnya diedarkan Kota Medan diharapkan dapat bekerja sama dengan Perumda  RPH Kota Medan terkait dengan pemotongan, pemeriksaan kesehatan hewan dan daging harus dari rumah potong hewan Kota Medan yang merupakan tugas dan fungsi Perumda yang dituang dalam Perda No. 6 tahun 2021," harap Harisandi.    

Dikatakannya, yang termaktub pada Pasal 7 ayat h dan i menegaskan; point h. dapat melakukan pengawasan dan membantu dalam hal penindakan jika ditemukan daging yang beredar dan tidak dipotong di perusahaan umum daerah sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan. Sementara point i. Melakukan pemeriksaan sesudah pemotongan atas daging yang masuk kewilayah daerah (kota Medan-red).

Utusan perusahaan importir yang hadir diantaranya, David dari PT. Indofarm, Ade Suherman Hasibuan dari PT. LAL, David Yasin  dari PT JJA, Apollo Gultom dari Eldira Fauna Asahan dan Kurnia Dani dari PT. TMA.

Selanjutnya dari pihak Perusahaan Importir yang hadir menyampaikan, siap mendukung program Perumda RPH Kota Medan dalam hal penegakan perda tersebut. Namun meminta kepada RPH untuk memperbaiki ruangan dan peralatan pemotongan serta meningkatkan keamanan di lingkungan Perumda RPH Kota Medan. Sehingga para pengusaha potong tetap merasa nyaman memotongkan sapinya di RPH Medan. 

Keempat direksi Perumda RPH hadir dalam pertemuan itu terdiri dari Dirut Harisandi Syafril Harahap, Dirum, keuangan dan SDM Jansen Sihaloho, Direktur Oprerasional Boy Miharza dan Direktur Pengembangan Rudi. Turut mendampingi Kabag Umum Mukti Mahyar Tanjung dan Sekretaris Isa Anshari. (pu.001)                    
Komentar Anda

Berita Terkini