NBT


Puskesmas Pasar Latong Laksanakan Mari Giatkan Keramas Dengan Germas di Desa Janji Matogu

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Dalam rangka mengenalkan pola hidup sehat bagi masyarakat luas, Puskesmas Pasar Latong,  mensosialisasikan Mari Giatkan Keramas ( Kreatif, Sehat, Mandiri dan Aktif dengan Gerakan masyarakat Sehat) di Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (28/092021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap, Kepala Puskesmas Pasar Latong dr. Sri Dewi Bahagia, Kadis Kesehatan Palas, dr Ummy Sahara Matondang, Babinsa Koramil 08/Barumun Serma Humala Pontas Siregar, Bhabinkamtibmas Polsek Barumun Bripka Zulkifli Hasibuan, Plt Kepala Desa Janji Matogu Ramli Hasibuan diwakili Sekdes Risman Halomoan Siregar perangkat desa, dan seluruh kader Germas Desa Janji Matogu.

Kegiatan Keramas dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Keramas dengan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Dalam kegiatan Keramas dengan GERMAS di Desa Janji Matogu, juga dilangsungkan  Pengobatan gratis bagi masyarakat setempat. Serta pengurus/Ketua serta kader mendapat bingkisan atau cinderamata  dari puskesmas pasar latong yang diserahkan oleh Kadis Kesehatan Palas, dr Ummy Sahara Matondang, Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap Dan Babinsa Koramil 08/Barumun Serma Humala Pontas Siregar,

Plt Kepala Desa Janji Matogu Ramli Hasibuan diwakili Sekdes Risman Halomoan Siregar mengatakan kepada wartawan Selasa, (28/09/2021 Keramas dengan GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, Keramas dengan GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur; dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Dengan mari giatkan ketamas dengan germas ini, para kader diharapakan bisa memberikan taulada kepada masyarakat luas tentang perilaku sehat dengan menerapkan 6M dan 4 sehat 5 sempurna guna menunjang imunitas di masa wabah pandemi covid-19.

Kepala Puskesmas Pasar Latong, menyampaikan program Keramas dengan Germas menjadi salah satu upaya yang terus digalakan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kita terus mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat, sehingga ini menjadi kebiasaan masyarakat,” katanya.

Kegiatan Keramas dengan Germas dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Pasar Latong. Adapun materi yang disampaikan tentang Penerapan Protokol kesehatan, penggunaan masker, mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, dan penerapan isolasi mandiri jika kondisi tubuh dirasa Kurang fit dalam beraktivitas.

“Kita berharap masyarakat tetap sehat, dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat serta tetap produktif di masa Pandemi Covid 19". Tutur Kapus pasar latong. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini