NBT


Realisasi PDB pada Triwulan II 2021 Tercatat 4,95 Persen

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Realisasi Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan II 2021 tercatat 4,95% (yoy), meningkat tajam dari kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar -1,85% (yoy). 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Soekowardojo mengatakan pertumbuhan perekonomian triwulan II-2021 mengalami fase bounce back, didukung faktor base effect dan perkembangan indikator terkini. 

"Dari sisi pengeluaran, ekspor tercatat sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, didorong oleh akselerasi indeks PMI global, pertumbuhan ekonomi negara mitra dagang, serta kenaikan harga komoditas makanan dan CPO di pasar internasional," katanya, Selasa (28/9/2021).

Dari sisi lapangan usaha (LU), seluruh komponen utama mengalami perbaikan dengan pertumbuhan tertinggi berasal dari LU perdagangan yang dipengaruhi oleh HBKN Idul Fitri. LU Pertanian juga mengalami peningkatan di tengah melimpahnya produksi perkebunan yang diiringi dengan kenaikan harga komoditas.

Kemudian secara bulanan, laju inflasi Sumatera Utara Agustus 2021 mengalami deflasi. IHK gabungan 5 kota di Sumatera Utara pada bulan Agustus tercatat -0,08% (mtm), setelah mengalami inflasi pada bulan sebelumnya 0,29% (mtm). 

"Realisasi inflasi tersebut juga berbeda dengan nilai rata – rata inflasi sebesar 0,08% (mtm) yang tercatat pada periode yang sama dalam 3 (tiga) tahun terakhir," katanya.

Selain itu, realisasi ini berbeda arah dari nasional yang menunjukkan inflasi 0,03% (mtm). Sumber deflasi terutama terjadi karena penurunan harga pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, dengan komoditas aneka cabai, daging ayam ras, dan aneka sayur. (PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini