NBT


Triwulan II-2021, Perekonomian Sumut Tumbuh Positif Sebesar 4,95 Persen

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Pandemi COVID-19 masih belum berakhir, kebijakan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat masih berlangsung di beberapa tempat, namun dengan sedikit banyak kelonggaran. Hal tersebut sangat mempengaruhi kelangsungan roda perekonomian masyarakat.


Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara, Syech Suhaimi mengatakan setelah hampir satu tahun perekonomian Sumatera Utara mengalami kontraksi, pada triwulan kedua tahun 2021, akhirnya menunjukkan ke arah yang lebih baik dengan tumbuh positif sebesar 4,95 persen.

"Pertumbuhan di hampir semua sektor lapangan usaha menjadi sinyal positif bagi pergerakan perekonomian di Sumatera Utara,"katanya, Kamis (9/9/2021).

Pada Tw II-2021 baik Nasional dan Sumatera Utara keluar dari jurang resesi setelah selama setahun terus terkontraksi.

Sebelum Pandemi COVID-19, baik Indonesia maupun Sumatera Utara selalu mencatat pertumbuhan ekonomi yang menggairahkan yakni berada di kisaran angka 5 persen, Sejak dilanda Pandemi COVID-19, keduanya mengalami kontraksi pada triwulan II-2020 hingga awal tahun 2021. Pada triwulan II-2021 baik Indonesia maupun Sumatera Utara mengalami pertumbuhan positif.

"Optimisme pertumbuhan terjadi hampir di seluruh pelaku ekonomi baik dari kategori lapangan usaha dan komponen pengeluaran,"ujarnya .

Sementara untuk persentase penduduk miskin pada Maret 2021 sebesar 9,01 persen, turun 0,13 poin dibanding September 2020 yang sebesar 9,14 persen.

"Sedangkan secara total ketimpangan pendapatan yang diukur dengan indikator Gini Ratio juga mengalami penurunan di Maret 2021," ujarnya. (PP04)
 
Komentar Anda

Berita Terkini