NBT


Wabup Palas Buka Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Wakil Bupati (Wabup), Padang Lawas (Palas). Drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si., buka Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dilingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Palas bertempat diruang Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, Jalan Kihajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (21/09/2021).

Selain Wabup Palas, Turut hadir dalam acara ini Inspektur Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M,Si, Staf Ahli Bidang Hukum Bustami Harahap S.Sos, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.H.Marza Zennova MM, seluruh Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Palas serta ASN dilingkungan Pemkab Palas.

Wakil Bupati Palas Drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembangunan Zona Integritas adalah upaya untuk menjadikan penyelenggara negara yang profesional penyelenggara yang taat dan disiplin.

Dengan terlaksananya sosialisasi ini, kiranya disiplin di Pemkab Palas kita ini, Wabup yakin bahwa dengan mengikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas tentunya dapat membentuk penyelenggara pemerintahan yang taat dan disiplin serta mengikuti aturan.

Wabup Ahmad Zarnawi di kesempatan itu juga menyampaikan, apresiasi karena ternyata ada banyak hal yang luar biasa dikabupaten ini dibandingkan dengan kabupaten pemekaran lainya bagian bagian dalam rangka mendorong motivasi pegawai terutama para pejabat menjadi sesuatu hal yang penting untuk dilakukan. 

Terkait SDM aparatur dirinya menambahkan bahwa sangat perlu untuk diungkit agar menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan setiap adanya permasalahan dikabupaten Palas.

Sementara Kepala Inspektur Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M,Si dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan peraturan presiden nomor 54 tahun 2018, tentang strategi nasional pencegahan Korupsi., PERMENPAN RB nomor 10 tahun 2019, tentang perubahan atas Permenpan RB nomor 52 tahun 2014,  tentang pedoman  membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dilingkungan pemerintah dan instansi., Peraturan Bupati Palas nomor 31 tahun 2021, pedoman  membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) diwilayah lingkungan pemkab palas.

Dengan tujuan mensosialisasikan peraturan bupati palas tersebut diatas, untuk membangun komitmen bersama, mewujudkan WBK/WBBM melalui rwformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatkan kualitas pelayanan publik., 

Hasil yang diharapkan para kepala dinas, badan, kantor dan pejabat pemerintah lainnya, dapat memahami tentang peraturan bupati nomor 31 tahun 2021., peserta sosialusasi dapat menyusun rencana kerja, dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Materi kegiatan ini tentang peraturan bupati palas nomor 31 tahun 2021, sedangkan narasumber dari Sekretaris Daerah Kabupaten Palas, Kabag hukum, Asinten I pemetintahan dan inspektur kabupaten palas. Untuk peserta sendiri terdiri dari kepala dinas, badan, kantor beserta pejabat esrlon III dan bendahara OPD yang betfungsi dalam pelayanan se-kabupaten palas. 

Sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan pakta integritas oleh semua kepala dinas, badan, kantor serta camat se-kabupaten Palas. Karena tanpa nilai integritas dalam melaksanakan tugas sebagai ASN mustahil dapat membangun budaya anti gratifikasi, demikian diucapkan kepala Inspektur Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M,Si,  mengakhiri laporannya.

Dikesempatan sama Inspektur Pembantu II (Irban II), Kantor Inspektorat Kabupaten Palas, Ramlan Efendi Lubis, ST. Menambahkan, Berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB No 25 Tahun 2020 tentang Reformasi Birokrasi disini dikatakan bahwa salah satunya persyaratan persyaratan dalam 8 area perubahan dan terdapat 6 area perubahan yang dapat dilihat sebagai penilaian Zona Integritas dan ini telah dilaksanakan dan dilakukan oleh Pemkab Palas.

"Untuk persyaratan administrasi pengajuan untuk Zona Integritas WBK minimal harus 2 kali WTP dan untuk Palas sudah sangat memungkinkan mengejar dan mendapatkan kembali opini WTP dari BPK atas pelaporan keuangan daerah dan sudah saatnya dapat ditingkatkan lagi sebagai Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),”Ungkapnya

Dan langkah ini penting sekali karena telah lama diinginkan, agar seluruh daerah diIndonesia untuk memperbaiki birokrasi pemerintahanya. melalui program program reformasi birokrasi yang dimulai dari pembangunan Zona Intergritas, setelah melaksanakan penandatanganan  pakta integritas.

Dirinya juga menyampaikan selamat dan sukses bagi peserta Kabupaten Palas yang telah melaksanakan sosialisasi ini, dirinya mendukung penuh atas upaya upaya yang hendak dilakukan kedepan.

Irban II Inpektorat Kabupaten Palas, Ramlan Efendi Lubis, ST, selaku penyelenggara panitia kegiatan mengemukakan, bahwa sampai saat ini kabupaten Palas sudah dan terus melaksanakan program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

Kabupaten Palas terus melaksanakan program untuk memenuhi syarat untuk itulah maka pihaknya  melaksanakan tahapan tahapan dalam memulai membangun Zona ini, karena ini adalah tuntutan undang undang Permen Pan – RB untuk segera di tindak lanjuti.

“Menurutnya dengan melihat apa yang telah dilaksanakan oleh Pemkab palas selama ini juga menjadi acuan untuk segera dilakukan peningkatan  di Pemkab palas,”Jelasnya

” Ini adalah Inovasi dalam proyek perubahan yaitu pembangunan Zona Integritas diwilayah Pemkab Palas,”pungkas Irban II, Kantor Inspektorat Kabupaten Palas, Ramlan Efendi Lubis, sembari menyiapkan tugas tugasnya. (MAL/WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini