NBT


Babinsa dan Masyarakat Bersihkan Pohon Besar Tumbang Timpa Sekolah di Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Sosopan, Kodim 0212/TS bersama dengan masyarakat setempat berupaya menyingkirkan pohon besar yang tumbang akibat angin kencang  menimpa bangunan sekolah Dasar Negeri (SDN), 0310 di Desa Simaninggir, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Kegiatan babinsa ini, gotong royong bersama masyarakat setelah adanya angin kencang, sehingga mengakibatkan pohon tumbang menimpa bangunan sekolah di wilayah ini,” kata Babinsa bersama masyarakat, Senin, (11/10/2021).

Mereka mengatakan, angin kencang yang menerpa wilayah Kecamatan Sosopan ini, Senin  (11/10/2021 04.00 pagi , mengakibatkan pohon besar yang berada di belakang sekolah, menimpa dua ruangan gedung kelad 5 dan kelas 6 sekolah dasar negeri 0310 di Desa Simaninggir, Kecamatan Sosopan.

“Dua ruangan kelas SDN 0310 simaninggir tersebut mengalami rusak parah akibat tertimpa pohon besar yang tumbang tepat berada di atap ruangan sekolah tersebut,” ujarnya.

Kemudian, masyarakat dan Babinsa di wilayah ini bergotong royong untuk menyingkirkan dan membersihkan pohon tumbang yang menimpa gedung SDN 0310 Simaninggir ini.

Ibu Kepala Sekolah SDN 0310 Simaninggir Eliati Eliani S.Pd, Babinsa bersama masyarakat, Kecamatan Sosopan Kabupaten palas mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten palas, dampak dari  bencana akibat angin kencang yang menerpa diwilayah kecamatan itu.

Terkait dengan kejadian pohon tumbang akibat angin kencang dan menimpa bangunan gedung sekolah di Desa Simaninggir, Kecamatan Sosopan, mereka juga mengatakan, musibah tersebut telah diatasi oleh warga masyarakat, Babinsa dan pihak sekolah setempat.

Selain itu mereka secara bersamaan, mengimbau kepada masyarakat di daerah ini agar menjauhi pohon besar, karena rawan tumbang akibat angin kencang yang menerpa wilayah ini. Pungkas mereka. 

Kronologis kejadiannya, Babinsa itu menerima laporan terkait pohon besar tumbang menimpa bangunan sekolah, SDN 0310 Simaninggir, Senin, sekitar pukul 08.00 WIB dari Ibu Kepala Sekolah Elita Eliani, S.Pd. dan babinsa langsung menuju lokasi kejadian.

Sekira Pukul 08.12 Wib Batuud Koramil 07/Sosopan memerintahkan Babinsa bersama masyarakat untuk membersihkan ranting dan  pohon yang menimpa Sekolah.

Setelah itu, Batuud beserta Muspika dan kepala sekolah berkoodinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten untuk perbaikan sekolah.

Kerusakan 2 Ruangan kelas 4 dan 5 diperkirakan mengalami kerugian  Rp. 10.000.000. (Sepuluh Juta Rupiah)

Untuk saat ini siswa kelas 4 dan 5 dipindahkan ruangan belajarnya di Ruangan perpustakaan SD N 0310 Simaninggir.(WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini