NBT


RSI Berikan Bantuan Bibit Ikan Nila Kepada Pelaku UMKM di Sergai

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9

Untuk membantu pengembangan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19, khususnya dalam budidaya ikan. Regal Springs Indonesia (RSI) memberikan bantuan bibit ikan Nila (Tilapia) kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Diberikannya bantuan bibit ikan tersebut, karena Kabupaten Sergai ini berdekatan dengan wilayah operasional dari perusahaan Regal Springs Indonesia (PT Aquafarm Nusantara) di Kecamatan Pantai Cermin.

Fitri Anggraini selaku Commucation Manager RSI, kepada media ini melalui whatsApp, Kamis (30/9/2021) mengatakan, ada sebanyak 350.000 bibit ikan yang diberikan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Sergai. 

Dikatakan Fitri, bahwa bantuan ini menunjukkan sinergitas antara RSI dengan stakeholder terkait, diantaranya Pemkab Sergai, DPRD, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) serta pelaku UMKM atau kelompok tani budi daya ikan nila.

"Bantuan ini sekaligus merealisasikan program Keberlanjutan “Kami Peduli – Water Access” untuk mendukung perekonomian, meningkatkan ekosistem sungai dan ketahanan pangan Kabupaten Sergai di masa pandemi," ungkap Fitri Anggraini.

Dalam penyerahan bantuan bibit ikan Nila tersebut, lanjut Fitri bahwa Bupati Sergai Darma Wijaya menyatakan, kalau penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kehadiran kolaborasi pemerintahan, dan tentunya untuk terus mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh David Tampubolon selaku Head of Corporate Affairs RSI, bahwa bantuan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk ikut berperan membantu ekonomi lokal.

“Program ini adalah salah satu langkah kami untuk dapat bermanfaat secara sosial dan ekonomi, terhadap masyarakat yang terdampak pandemi,” kata Tampubolon.

Sedangkan Dian Octavia dalam kapasitasnya selaku Senior Manager Corporate & Community Affairs RSI juga menambahkan, bantuan bibit ikan nila ini disalurkan dalam beberapa tahap kepada Kelompok Budidaya Perikanan dan UMKM.

Penyaluran bibit ikan nila yang sudah terlaksana pada 9 September 2021 di Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, dan Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai.

“Pada pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut turut didampingi oleh Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua DPRD Sergai M. Riski Ramadhan Hasibuan, Kapolres Sergai AKBP Robinson Simatupang, Kadis Kelautan dan Perikanan (Kanla),Sri Wahyuni Pancasilawati, Ketua Dewan UMKM Sergai Budi Sumalim,” jelas Dian.

Dijelaskannya,bahw bantuan ikan nila tersebut diserahkan kepada para pelaku UMKM budi daya ikan di Kolam Dewan UMKM Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban pada 22 September 2021 lalu.

“Seluruh penerima manfaat dari program KAMI PEDULI – Water Access ini, adalah petani  tambak – 17 Kelompok Budi daya Perikanan (Pokdakan) dan 1 UMKM (40 kelompok) di sekitar wilayah operasional Regal Springs Indonesia yang tersebar di beberapa kecamatan,"jelasnya.

“Kami berharap melalui rangkaian pemberian bantuan bibit ini para petani tambak dapat dan meningkatkan panen, sehingga usaha mereka tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi ini”pungkas Dian.

Sementara itu, Kadis Kanla Sergai, Sri Wahyuni Pancasilawati dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati, Ketua DPRD, Kapolres Sergai, Ketua UMKM, Pokdakan, Pemerintahan Desa dan semua pihak bersama Regal Springs Indonesia, yang telah mendukung program ini untuk meningkatkan sektor perikanan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sergai.(WPU06)

Komentar Anda

Berita Terkini