Digital Culture: Masyarakat Digital

HARIAN9 author photo

 

JAKARTA| H9
Pesatnya perkembangan internet menyebabkan manusia mampu mendapatkan informasi secara mudah. Setiap orang wajib untuk memiliki keamanan digital agar data yang mereka miliki tidak dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, H. Anton Sukartono Suratto, M.Si menjelaskan, terkait keamanan digital dimana kegiatan tersebut penting dilakukan oleh semua pengguna teknologi digital untuk menjamin keselamatan pribadi dan keamanan jaringan. Beliau menyebutkan ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan keamanan digital. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melatih anak dan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang akan tereskpos dengan dunia digital. 

"Selain melatih anak, penting juga untuk diadakan pelatihan untuk guru dan orang tua. Selain itu, situs-situs yang tidak pantas dan membahayakan juga perlu untuk diblokir. Langkah terakhir adalah memastikan provider internet menjunjung tinggi keamaan digital untuk generasi muda," jelasnya, Jumat (22/10/2021).

Dirjen APTIKA Kemkominfo, Samuel A. Pangerapan, M.Sc, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 dan kemajuan teknologi telah mengubah cara kita beraktifitas dan bekerja, era digital yang berubah ini lah yang membuat kita masuk kedalam disrupsi teknologi. Kondisi Indonesia sendiri dalam status literasi digital nasional baru mencapai nilai 3,47 dari skala 1-4. Mengacu pada hasil tersebut, Indonesia masih berada dibagian sedikit di atas sedang, namun belum belum mencapai tingkat baik. 

Maka dari itu, penting untuk adanya kegiatan terkait edukasi literasi digital agar masyarakat menjadi sosok yang mampu berpikir cermat dan kritis dalam menanggapi informasi yang ada. Untuk mencapai tujuan ini, Kementerian KOMINFO bersama Siber Kreasi dan berbagai pemangku kepentingan terus berupaya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia, paparnya.

Novita Natalia Kusumawardani, Owner Plantful.id yang merupakan narasumber pada webinar ini, mengemukakan bahwa internet dan media sosial memberikan informasi yang menarik untuk berbisnis kalau kita tau bagaimana cara menggunakannya. Beliau memberikan tips dan trik untuk bagaimana kita bisa membangun bisnis menggunakan informasi yang ada di internet, katanya.

Ia menambahkan, tahap pertama yang paling penting adalah riset pasar. Di dalam riset pasar, kita perlu melakukan beberapa aspek seperti identifikasi masalah, hipotesis, metodologi, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Metodologi yang dapat digunakan terbagi menjadi dua, yaitu kualitatif (berfokus pada pertanyaan mengapa dan bagaimana) dan kuantitatif (berfokus pada poin pertanyaan apa, siapa, dan seberapa besar).  

Sebagai contoh, dalam melakukan riset pasar, penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik konsumen seperti target responden, total responden, rata-rata usia, pekerjaan, dan pengeluaran. Dari hasil riset pasar yang dilakukan, Novita mencontohkan bahwa ternyata kita dapat mengetahui perilaku konsumer seperti platform utama yang paling sering digunakan adalah Instagram (59,2%) dan produk yang paling sering dibeli adalah pakaian (59,2%). Kemudian kita juga dapat mengetahui apa alasan yang paling sering digunakan oleh konsumer dalam membeli produk (terpercaya sebesar 48%) dan membeli di tempat yang sama (kualitas barang 67,3%).

Jika sudah melakukan riset pasar, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah merancang strategi menggunakan Business Model Canvas (BMC). Dalam BMC, kita harus mendeskripsikan strategi dalam 9 aspek, yaitu key partners, key activities, key resources, cost structure, value proposition, customer relationships, channels, customer segments, dan revenue stream, ucapnya.

Novita menyebutkan, tahap berikutnya adalah melakukan marketing funnel untuk melakukan akuisisi pelanggan baru dengan meningkatkan kesadaran kepada target market menggunakan internet marketing, baik secara organik maupun berbayar. Langkah terakhir adalah melakukan akuisisi internet marketing dengan menggunakan channel internet marketing untuk meningkatkan kesadaran lalu mengarahkan target pasar untuk melakukan pembelian, pungkasnya.(pp-04)

Komentar Anda

Berita Terkini