Dinas Pertanian dan Perkebuanan Kabupaten Palas tingkatkan Potensi Penyuluh Pertanian

HARIAN9 author photo


PALAS  |  H9
Dalam Upaya pengembangan peningkatan program pertanian di Kabupaten Padang Lawas (Palas ), baik sektor tani Sawah atau kering maupun Tanaman Palawija, untuk memacu produksi petani dan menanggulangi pencegahan hama tanaman, maka peranan tenaga penyuluh sangat dibutuhkan masyarakat petani supaya pro aktif memberikan solusi langsung dilapangan, Oleh sebab itulah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Palas mengadakan Diklat Pengembangan Potensi Penyuluh Pertanian.

Sesuai agenda T.A 2021 ini merupakan Program Kabid Penyuluh,Ibu Sri Kurniawati Sp yang di kerjasamakan dengan Program Kabid Pengembangan BKPSDM kabupaten Palas, Ibu Fitryani Lubis Spd, yang dilaksanakan di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan senin tanggal 25 oktober 2021 yang diperkirakan hingga lima hari ke depan dan secara resmi di buka Wabup Palas, drg Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht.MM.MSi, di dampingi Asisten Drs Ali Irpan Hasibuan, Kadis Pertanian Falah Alfitri S.TP,  Kaban BKPSDM Adi Putra Halomoan Hasibuan S.Si. M.Si. Staf Ahli bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan.Drs Irwan Halomoan Hasibuan MM,

Wabup dalam sambutannya yang sekaligus mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Diklat menghimbau supaya kegitan ini dapat di ikuti dengan baik sehingga out put dari pelatihan ini nanti dapat di eksperesikan dalam memberikan kontak langsung bagi para petani, keberhasilan penyuluh adalah dimana para petani dapat mempraktikan bagaimana menghadapi Pemilihan benih sesuai struktur tanah, masalah hama, waktu musim tanam tepat, pemupukan yang baik dan tepat waktu serta pemamfaatan Alsintan yang disalurkan Pemerintah Palas harapnya  pasca diklat ini menambah produktivita para penyuluh sehingga produksi para petani dapat meningkat sehingga tidak terlepas bahwa keberhasilan para petani itu merupakan keberhasilan para penyuluh yang singkronnya merupakan keberhasilan Intansi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Padang Lawas menuju Keberhasilan Pemkab Palas dalam meningkatkan Kesejahteraan petani imbuhnya.

Hal senada Juga disampaikan Kadistanbun kepada Seluruh Peserta bahwa  keberhasilan penyuluh adalah merupakan tolok ukur keberhasilan Distanbun atau Pemkab Palas dalam mencerdaskan para Petani, untuk itu ikuti diklat bersama widya Suara yang kita undang dan catat serta jadikan bahan pengembangan ilmu guna memudahkan tugas kita nantinya singkatnya.

Kemudian Kaban BKPSDM Adi Putra Halomoan SSi MSi memberi arahan pentinya Diklat ini bagi para Peserta adalah bagi yang sudah PNS merupakan penilaian poin Kredit untuk pangkat, sedangkan bagi Cpns merupakal bekal pertama kalinya dalam pengembangan ilmu. dan bagi tenaga Honorer Pusat dan Provinsi menuju  tenaga P3K merupakan penyiapan diri untuk memasuki perjanjian Kontrak pada Desember 2021 nanti Adapun sebagai Pemateri sengaja kita datangkan dari Balai Pertanian Regioanal Jambi beliau adalah Bapak Irwanto M.ST. M.Si dan Bapak Taufiqurrohman S.P M.P, selamat sukses semoga berkah, tegas Kaban. ( WD047 ) 
Komentar Anda

Berita Terkini